KH. Ma’ruf Amin Dijadwalkan Kunjungi Makam Kuno Barus Tapanuli Tengah | Begini Persiapan Penyambutannya

KH. Ma'ruf Amin Dijadwalkan Kunjungi Makam Kuno Barus Tapanuli Tengah | Begini Persiapan Penyambutannya
Foto : Kondisi persiapan penyambutan Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin di Makam Mahligai Barus Kabupaten Tapanuli Tengah.

Kantong Berita, TAPTENG-Dalam kunjungannya ke Kabupaten Tapanuli Tengah, salahsatu lokasi yang akan dikunjungi oleh Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin adalah Situs Cagar Budaya Makam Mahligai yang terletak di Aek Dakka Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah.

Ma’ruf Amin dijadwalkan tiba di Makam Mahligai sekira pukul 11.00 WIB, usai berkunjung ke Lapangan Merdeka Barus dan Mesjid Raya Barus.

Foto : Tenda tratak yang telah berdiri di kompleks Makam Mahligai Barus.

Pantauan di kompleks Makam Mahligai, sejumlah persiapan penyambutan telah siap. Tampak sebuah tenda tratak berikut beberapa kursi telah berdiri di dalam kompleks makam.

Sebuah tratak lainnya juga tampak berdiri di luar pagar kompleks makam. Kemudian, sejumlah petugas kebersihan juga terlihat di luar makam membersihkan sejumlah fasilitas umum lainnya seperti mushola dan kamar mandi.

Tak hanya itu, sejumlah petugas dari Paspampres juga telah siaga untuk penyambutan orang nomor 2 di Indonesia tersebut.

Diketahui, di Makam Mahligai terdapat pemakaman tua yang terdiri dari 43 nisan tua yang berukir aksara Arab kuno dan Persia.

Dari data yang diperoleh, nama Mahligai diambil dari nama sebuah nama istana kecil pada zaman Tuan Syekh Abdul Khatib Siddiq, yang juga di makamkan di makam Mahligai.

Kemudian, sejumlah ulama besar penyebar Islam lainnya juga ikut dimakamkan di komplek makam kuno tersebut. Diantaranya, Syekh Rukunuddin, Syekh Ushuluddin, Syekh Zainal Abidin Ilyas, Syekh Ilyas, Syekh Imam Khotib Mu’azzamsyah Biktiba’i, Syekh Syamsuddin, Tuanku Ambar, Tuan Kepala Ujung, Tuan Sirampak, Tuan Tembang, Tuanku Kayu Manang dan Tuanku Makdum.

Tokoh utama yang dimakamkan di Mahligai adalah Syekh Mahmud, penyebar agama Islam yang berasal dari Hadramaut, Yaman. Makamnya berupa makam panjang, dengan batu nisan putih setinggi 1,5 meter berukir aksara Persia dan Arab kuno.

Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin tiba di Bandara Udara Dr. Ferdinand Lumban Tobing, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Selasa (14/2/2023) sekira pukul 14.15 WIB.

Sebelumnya, Wapres didampingi istri Hj. Wury Ma’ruf Amin, bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma menuju Bandar Udara Dr. FL. Tobing sekira pukul 14.00 WIB dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan BAe-RJ 85.

Tiba di Bandara Udara Dr. FL. Tobing, Wapres disambut oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Arief S. Trinugroho, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI A. Daniel Chardin, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak, Danlantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Benny Febri, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Idianto, serta Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan.

Adapun agenda utama Wapres kali ini, untuk menghadiri acara “Barus Bershalawat untuk Indonesia” yang akan diselenggarakan di Lapangan Merdeka Barus, Padang Masiang, Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Rabu (15/02/2023) pagi.

Setelah itu, Wapres dijadwalkan akan singgah di Masjid Raya Barus untuk melakukan penanaman bibit kamper dan pohon rempah. Dilanjutkan dengan berziarah ke Kompleks Makam Mahligai yang berada di Desa Aek Dakka.

Sebagai informasi, Barus menurut berbagai literatur merupakan kota tua. Jauh lebih tua sebelum peradaban nusantara yang lahir dan tumbuh.

Sempat dikenal sebagai Kota Emporium pada abad ke-7. Sebagai Kota Pelabuhan Internasional yang disinggahi oleh saudagar dari berbagai negeri di belahan dunia.

Daerah ini cukup potensial untuk dikembangkan menjadi kawasan Wisata Sejarah, sekaligus menjadi spot Wisata Religi unggulan di Tapanuli Tengah.

Turut mendampingi Wapres pada kunjungan kerjanya kali ini, Kepala Sekretariat Wapres, Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres, Masduki Baidlowi, Robikin Emhas, dan Arif Rahmansyah Marbun, serta Tim Ahli Wapres Farhat Brachma. (ril)