MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

Wapres KH. Ma’ruf Amin Tiba di Barus

Wapres KH. Ma'ruf Amin Tiba di Barus
Foto : Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin tiba di Barus.

Kantong Berita, TAPTENG-Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin tiba di lokasi acara “Barus Bersholawat untuk Indonesia” yang digelar di Lapangan Merdeka Barus, Padang Masiang, Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Rabu (15/2/2023) sekira pukul 9.45 WIB.

Wapres didampingi istrinya Hj. Wury Ma’ruf Amin bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB Mayjen TNI Ahcmad Daniel Chardin, Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak.

Diketahui, kegiatan “Barus Bersholawat untuk Indonesia” diselenggarakan oleh Jam’iyah Batak Muslim Indonesia (JBMI), dengan tagline “Cahaya Barus menyinari Indonesia”.

Kota Barus diyakini sebagai titik awal atau titik nol masuknya peradaban dan persebaran ajaran agama Islam di Nusantara.

Posisi Barus sebagai titik nol persebaran Islam diperkuat dengan komoditas utama yakni Kapur Barus atau kamper, dan kemenyan.

Kedua komoditas ini membuat Barus menjadi salah satu tujuan perdagangan para pedagang asing.

Dalam kunjungannya ke Barus, Wapres juga akan singgah di Masjid Raya Barus untuk melakukan penanaman bibit kamper dan pohon rempah.

Kemudian Ma’ruf Amin juga akan berziarah ke Kompleks Makam Mahligai yang berada di Desa Aek Dakka Barus. (red)