Masyarakat Sampaikan Dukungan ke DPRD Agar Elfin Elyas Tetap Jabat Pj Bupati Tapteng

Kantong Berita, TAPTENG-Elfin Elyas Nainggolan kembali diusulkan sebagai Penjabat (Pj) Bupati Tapteng ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Usulan tersebut disampaikan oleh masyarakat Tapteng yang berasal dari berbagai elemen langsung ke DPRD Tapteng, Kamis (5/10/2023).

Diantaranya, dari organisasi keagamaan seperti GAMKI, Pemuda Katolik, NU, GP Ansor, Alwasliyah, dan Muhammadiyah. Selain itu, juga hadir organisasi HNSI, Asosiasi Pemerintah Desa (Apdesi), para lurah, dan camat.

Kehadiran masyarakat tersebut disambut baik oleh Ketua DPRD Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu. Menurut Kiyedi, pihaknya telah menerima surat dari Mendagri terkait usulan calon Pj Bupati Tapteng. Berhubung masa jabatan Pj Bupati Tapteng saat ini yang masih dipegang oleh Elfin Elyas Nainggolan akan berakhir pada 14 November 2023.

Seperti diketahui, Elfin resmi dilantik menjadi Pj Bupati Tapteng oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, Senin 14 November 2022.

“Untuk itu, DPRD Tapteng ingin menerima masukan dari organiasasi masyarakat, agama, kepemudaan, camat, lurah, kades. Jangan nanti dibilang hanya suka-suka DPRD saja, sehingga kami juga perlu mendengar masukan dari elemen masyarakat,” kata Kiyedi.

Sementara itu, Ketua GAMKI Sumatera Utara, Darwin Sitompul, menyampaikan harapannya agar Elfin Elyas tetap menjabat sebagai Pj Bupati Tapteng.

Menurutnya, selama kepemimpinan Elfin, pemerintahan berjalan dengan baik dan situasi di masyarakat terjaga kondusif.

Ditimpali oleh Ketua Al Washliyah yang mengatakan, selama satu tahun kepemimpinan Elfin Elyas sebagai Pj Bupati Tapteng, telah berhasil menjalin hubungan baik dengan masyarakat dan menunjukkan sikap yang rendah hati.

Oleh karena itu, dia meminta agar Elfin melanjutkan kepemimpinannya di Tapteng hingga Bupati Definitif terpilih lewat Pilkada 2024 mendatang.

Senada juga disampaikan oleh Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), yang mewakili 159 desa yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah, yang mengungkapkan bahwa pemerintahan saat ini berjalan sesuai dengan harapan masyarakat, dan Elfin layak untuk dipertahankan.

Begitu juga dengan pengurus Pemuda Katolik Tapteng, yang juga menyatakan dukungannya terhadap Elfin.

“Karena kami umat Katolik merasa tidak ada keberpihakan Pj Bupati terhadap umat beragama di Tapteng, apalagi beliau juga sangat mendukung kegiatan Katolik,” kata Tiarma Situmorang mewakili Pemuda Katolik.

Ketua PD Aisyiyah Tapteng dan Ketua HNSI Tapteng, Abdul Basir Situmeang juga menyampaikan dukungannya terhadap Elfin. Bahkan, Lurah dan Camat juga seirama dengan para elemen masyarakat tersebut.

“Tidak ada alasan bagi kami untuk tidak mendukung. Karena semua elemen masyarakat mendukung Elfin Elyas tetap menjadi Pj Bupati Tapteng,” tegas Basir.

Pada kesempatan itu, seluruh elemen masyarakat yang hadir menandatangani dukungan mereka agar DPRD Tapteng kembali mengusulkan Elfin Elyas sebagai Pj Bupati Tapteng ke Mendagri. (red)