banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Monitoring Stunting di Lumut dan Sibabangun, Pj Bupati Tapteng Pastikan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Baik

Monitoring Stunting di Lumut dan Sibabangun, Pj Bupati Tapteng Pastikan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Baik
Foto : Pj Bupati Tapteng Elfin Elyas saat melakukan monitoring di salah satu SD di Kecamatan Sibabangun.

Kantong Berita, TAPTENG-Pj Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Elfin Elyas melakukan monitoring penurunan angka Stunting di 2 Kecamatan, yakni Lumut dan Sibabangun, Jumat (24/2/2023).

“Sebagaimana kita ketahui, Stunting ini menjadi isu Nasional yang menjadi program prioritas yang harus kita tuntaskan di Kabupaten Tapteng,” kata Elfin dalam keterangannya.

Dari data Pemerintah menunjukkan, angka stunting di Kecamatan Lumut mengalami kenaikan. Sementara di Kecamatan Sibabangun mendapatkan apresiasi dengan angka Stunting, nol.

Monitoring yang dilakukan saat ini, untuk mencari tahu penyebab kenaikan angka stunting dan memberikan solusi untuk menurunkan angka tersebut.

“Kita mempunyai tanggungjawab moral bagi masyarakat dan kita ingin menyelesaikan masalah ini satu per satu,” ungkapnya.

Karena masih kata Elfin, dari 20 Kecamatan yang ada di Tapteng, terdapat 4 Kecamatan yang angka Stunting nya mengalami kenaikan. Selain Lumut, di Kecamatan Barus, Sitahuis, dan Sosor Gadong juga mengalami kenaikan.

Oleh karena itu, sebagai kepala daerah yang punya tanggungjawab, Elfin juga akan melakukan monitoring ke 3 Kecamatan tersebut.

“Untuk memastikan tahun ini stunting harus turun. Kita harus bersama-sama bekerja, lintas sektoral, Dinas PP dan KB Tapteng, Dinas Kesehatan, Bappeda, dan OPD lainnya, Camat, Lurah, Kepala Desa, dan Puskesmas,” tegas Elfin.

Kepada seluruh jajarannya, Pj Bupati berpesan agar memperhatikan pelayanan kepada masyarakat. Termasuk memberikan nutrisi kepada yang terkena Stunting.

“Kita pastikan masyakarat sehat dan pastikan kalau masyarakat sakit terlayani. Kesehatan itu merupakan pelayanan dasar yang wajib untuk kita layani. Saya ingin memastikan memberikan semangat kepada Kepala Puskesmas kepada Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk memastikan tahun 2023 Stunting di Kecamatan Lumut, nol. Karena target Presiden, nol,” imbuhnya.

Sebelumnya, Pj Bupati Tapteng juga berkunjung ke SD Negeri 154505 Sibabangun 2, untuk memastikan para murid sudah sarapan dan kondisi gizi mereka dalam keadaan baik.

Turut hadir mendampingi Pj Bupati Tapteng, Plh Sekdakab Tapteng Herman Suwito, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Tapteng Freddy L. Situmeang, Kepala Dinas Kesehatan Tapteng Hj Nursyam dan Kepala Bappeda Tapteng, Anton Sujarwo.

Kemudian, Camat Lumut Irsan, Camat Sibabangun Irsan Pulungan, Kepala UPTD Puskesmas Lumut Hamidkan Nasution, Kepala UPTD Puskesmas Sibabangun dr Maruli Silalahi, Kepala Desa/ Lurah se-Kecamatan Lumut dan Kecamatan Sibabangun. (ril/red)

Print Friendly, PDF & Email