MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

Pesta Syukuran Bona Taon PRTS Tapteng Dimeriahkan dengan Tortor Pangurasan

Kantong Berita, TAPTENG-Pesta syukuran bona taon Pomparan Parsadaan Raja Toga Sitompul (PRTS) Boru dohot berena se-Kabupaten Tapanuli Tengah digelar di Gedung Olahraga (GOR) Pandan, Sabtu (25/2/2023).

Hadir pada syukuran tersebut, Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi istri Ny. Citra Bakhtiar Sibarani. Kemudian, Pj. Bupati Tapteng Elfin Elyas Nainggolan, Kapolres Tapteng AKBP Jimmy C Samma, Ketua DPRD Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu serta Ketua DPRD Sibolga Syukri Nazri Penarik, yang disambut dengan kalungan bunga dari Ketua Panitia acara Darwin Sitompul didampingi panitia lainnya.

Hadir pula, Ketua Umum PRTS se-Indonesia, Marsekal Muda (Purn) Jhonny FP Sitompul,SIP dan Ketua PRTS Tapteng Raja Partukkoan Sitompul.

Acara syukuran yang mengusung tema “Horas Tondi madingin, Pir Tondi matogu” ini dibuka dengan persembahan Tortor Pangurasan.

Persembahan Tortor ini diiringi dengan musik khas Batak, yang berhasil memukau seluruh yang hadir pada acara tersebut. Ada 5 orang putri PRTS yang manortor dengan menggunakan pakaian khas adat Batak dengan cawan berisi jeruk purut diatas kepalanya.

Untuk diketahui, persembahan Tortor ini merupakan ritual orang Batak, karena adanya keyakinan akan kebesaran Jahoba (Tuhan) yang memberikan rizki serta bencana yang berkaitan dengan kelangsungan hidup masyarakat.

Hingga saat ini, Pesta syukuran bona taon Pomparan Parsadaan Raja Toga Sitompul (PRTS) Boru dohot berena se-Kabupaten Tapanuli Tengah masih berlangsung dengan meriah. (red)