Nama Timbul Panggabean Komisioner KPU Tapteng Tidak Tertera di DCS, Pengurus PDIP Sebut Berkas Dinyatakan TMS

Foto : Kantor KPU Tapteng

Kantong Berita, TAPTENG-Ada yang menarik dari Pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tapanuli Tengah (Tapteng) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 yang baru-baru ini dirilis oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapteng.

Pasalnya, pada DCS tersebut, nama salah satu Komisioner yakni Timbul Panggabean, tidak tertera ikut menandatangani.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa Timbul Panggabean, yang merupakan Komisioner KPU Tapteng, telah mengundurkan diri sebagai anggota KPU Tapteng, karena akan maju sebagai bakal calon anggota legislatif dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Menariknya lagi, nama Timbul Panggabean juga tidak tertera pada DCS sebagai bakal calon anggota DPRD Tapteng untuk Pemilu 2024 yang telah diumumkan oleh KPU Tapteng.

Menurut Pengurus PDIP Tapteng yang diketahui sebagai perahu Timbul Panggabean maju sebagai bakal calon legislatif, berkas persyaratan pencalegan dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) oleh KPU Tapteng.

“Sesuai keputusan KPU Tapteng, berkas Timbul Panggabean dianggap TMS,” kata Sekretaris PDIP Tapteng, Willy Silitonga, kepada wartawan ditemui di Gedung DPRD Tapteng, Selasa (22/8/2023).

Alasannya kata Willy lanjut menjelaskan, karena surat keputusan pemberhentian Timbul Panggabean sebagai anggota KPU Tapteng tidak terlampir dalam berkas pendaftaran sebagai bakal calon anggota DPRD Tapteng ke KPU.

“TMS ini karena surat pemberhentiannya belum turun. Tapi informasinya Timbul Panggabean melalui PDIP akan mengajukan gugatan terkait TMS itu,” ungkapnya.

Hingga berita ini diterbitkan, belum diperoleh penjelasan dari pihak KPU Tapteng, terkait surat pemberhentian Timbul Panggabean tersebut.

Ketua KPU Tapteng, Azwar Sitompul, yang dihubungi melalui telepon selulernya oleh Wartawan, tidak memberikan penjelasan. Azwar malah menyarankan agar Wartawan menghubungi Komisioner lainnya yakni Yudi Nasution.

“Maaf ya, tanyakan saja kepada Yudi, saya lagi pusing, macam mau pingsan kurasa, berkunang-kunang,” ujar Azwar.

Sementara itu, Yudi yang dicoba ditemui di Kantor KPU Tapteng, tidak berhasil. Menurut salah seorang staf, Yudi sedang tidak berada di kantor. (red)