Panwascam Sibolga Kota Masih Temukan Warga yang Belum Coklit

Foto : Panwascam Sibolga Kota saat melakukan patroli pengawasan kawal hak pilih.

Kantong Berita, SIBOLGA-Hingga kini, masih ditemukan warga yang belum ter Coklit (Pencocokan dan Penelitian) di Kota Sibolga. Padahal, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dilaporkan telah selesai men Coklit 100% pada 14 Maret 2023.

Seperti di Kecamatan Sibolga Kota, Panwaslu Kecamatan (Panwascam) yang melakukan Patroli pengawasan kawal hak pilih pada Jumat (17/3/2023) menemukan 11 orang warga yang belum ter Coklit. Petugaspun sempat kaget dengan temuan tersebut.

“Tentu kita kaget, kok masih ada juga warga yang belum Coklit, pada hal ini sudah tanggal 17. Ada 11 orang yang kami temukan hari ini,” kata Ketua Panwascam Sibolga Kota, Raisya Siregar, S.Sos didampingi Kordiv Hukum Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (HP2H), Heryanto Harahap ditemui sela-sela kegiatan patrolinya.

Dengan ditemukannya 11 orang tersebut, sehingga total temuan mereka sejak patroli pertama pada 27 Februari 2023 sebanyak 22 orang.

Tak hanya warga yang tidak ter Coklit, temuan Panwascam Sibolga Kota lainnya yakni adanya keluarga dalam satu KK, namun tidak satu TPS. Kemudian, ada juga yang TPSnya jauh dari tempat tinggalnya.

“Seharusnya gak bisa, satu KK harus satu TPS. Kemudian, gak bisa jauh dari rumahnya. Warga keberatan kalau dia mencoblos bukan di TPS tempat dia biasa mencoblos,” ungkapnya.

Temuan ini kata Raisya akan segera dilaporkan ke pihak KPU untuk dilakukan perbaikan. (red)