Pemkab Tapteng Bersama BMKG Cek Sirine Peringatan Dini Tsunami

Foto : Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melakukan pengecekan Sirine Utama (Sircom) Sistem Informasi Geospasial Peringatan Dini Tsunami (SIGPT Ina-TEWS), Rabu (10/5/2023).

Kantong Berita, TAPTENG-Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melakukan pengecekan Sirine Utama (Sircom) Sistem Informasi Geospasial Peringatan Dini Tsunami (SIGPT Ina-TEWS), Rabu (10/5/2023).

Sirine peringatan dini tsunami tersebut dibangun oleh BMKG pada tahun 2008 di dua titik di Kabupaten Tapanuli Tengah, yakni di halaman kantor Bupati Tapteng di Kecamatan Pandan, dan juga di Padang Masiang Kecamatan Barus.

Kegiatan pengecekan tersebut dilakukan bersama Tim Pemantauan Hibah Sirine Tsunami Indonesia (TSI), Kasubag Tata Usaha Stasiun Geofisika Kelas I Deli Serdang, BPKAD Tapteng serta BPBD Tapteng, untuk memastikan bahwa kondisi dan fungsi sirine tersebut sesuai dengan standar yang ditetapkan serta dapat beroperasi dengan baik.

Agar Pemerintah Daerah dapat menentukan apakah sirine-sirine tersebut memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk menerima hibah tersebut.

“Tujuan pengecekan ini adalah untuk memastikan kondisi terkini dari sirine-sirine tersebut guna penilaian kelayakan sebagai dasar pertimbangan Pemerintah Daerah dalam menerima hibah tersebut,” ungkap Kepala BPBD Tapteng Rahman Husein Siregar dalam keterangannya.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah sangat berkomitmen dalam menjaga kesiapsiagaan dan kualitas peralatan sirine.

“Serah terima sistem peringatan dini tsunami akan dilakukan setelah proses review selesai,” pungkasnya. (red)