Pemkab Tapteng Siap Terima Hibah Sirine Peringatan Dini Tsunami dari BMKG

Foto : Tim dari Stasiun Geofisika Kelas I Deli Serdang saat melakukan audiensi ke Pemkab Tapteng terkait rencana hibah Sirine Peringatan Dini Tsunami.

Kantong Berita, TAPTENG-Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) siap menerima hibah Sirine Peringatan Dini Tsunami dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam.

Hal ini disampaikan pada audiensi Stasiun Geofisika Kelas I Deli Serdang ke Pemkab Tapteng, Selasa, (9/5/2023).

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Stasiun Geofisika Kelas I Deli Serdang, Emerson Limbong, yang hadir bersama tim diterima oleh Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah, Herman Suwito.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Asisten Administrasi Umum, Sekretaris BPBD Tapteng, dan Pencatatan Aset BPKAD.

Emerson Limbong dalam keterangannya mengatakan audiensi tersebut merupakan tindak lanjut arahan Deputi Bidang Geofisika terkait rencana hibah sirine utama kepada Pemerintah Daerah.

Dimana, Pemkab Tapteng menyatakan siap menerima hibah Sirine Peringatan Dini Tsunami tersebut dengan beberapa kesepakatan, salah satunya yakni sistem peringatan dini tsunami tersebut dalam kondisi baik.

“Kita juga meminta agar dilakukan pelatihan atau transfer pengetahuan terkait pemeliharaan preventif dan korektif peralatan sirine,” terang Herman.

Pemkab Tapteng dan BMKG juga sepakat untuk dilakukan pengecekan peralatan sirene di lapangan.

Diketahui, 13 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 26 Desember 2004, terjadi gempa bumi dahsyat yang menyebabkan tsunami dengan ketinggian mencapai 30 meter di Banda Aceh.

Sebagai respons terhadap tragedi tersebut, Pemerintah Pusat merancang dan membangun sistem peringatan dini tsunami yang dikenal dengan sebutan Indonesia Early Warning System (InaTEWS).

Sirine tsunami tersebut dibangun oleh BMKG sejak tahun 2008 di dua lokasi di Kabupaten Tapanuli Tengah. Diantaranya, di halaman kantor Bupati Tapteng di Kecamatan Pandan, dan juga di Kecamatan Barus.

Sirine Tsunami ini merupakan sebuah sistem Peringatan Dini Tsunami (InaTEWS) yang mencakup sistem monitoring, processing, dan diseminasi atau penyebaran peringatan kepada seluruh pemangku kepentingan dan Pemerintah Daerah, termasuk masyarakat.

Dengan adanya hibah Sirine Peringatan Dini Tsunami ini, diharapkan kesiapsiagaan dan respons terhadap ancaman tsunami di Kabupaten Tapanuli Tengah semakin baik.
Sirine ini akan menjadi salah satu alat penting dalam upaya deteksi dini dan peringatan kepada masyarakat saat terjadi ancaman tsunami. (red)