MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

Pemkab Tapteng Gelar Acara Tepung Tawar dan Upah-upah Calon Haji

Foto : Pj Bupati Tapteng Elfin Elyas menggelar acara tepung tawar sekaligus pemberian upah-upah kepada jamaah calon haji Tapteng.

Kantong Berita, TAPTENG-Tradisi Tepung Tawar telah menjadi bagian dari budaya di daerah Tapanuli Tengah dan Sibolga. Upacara adat ini digelar sebagai bentuk rasa syukur terkabulnya suatu keinginan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Tengah juga menggelar upacara adat tepung tawar bagi Jamaah Calon Haji/Hajjah (Calhaj) Kabupaten Tapteng Tahun 1444 H/2023 M.

Acara yang dirangkai juga dengan adat lainnya yakni Upah-upah, digelar di Aula Kantor Dinas Pendidikan Tapteng, Jumat (12/05/2023).

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Qori Marwan Siregar.

Tepung Tawar dan Upah-upah diberikan langsung oleh Pj Bupati Tapteng Elfin Elyas, didampingi Ketua MUI Tapteng H. Ngadiman KS.

Dalam sambutannya, Pj Bupati berharap para Jamaah Calon Haji selalu dilindungi Tuhan saat menjalankan Ibadah di tanah suci Mekkah.

“Selamat menjalankan Ibadah Haji bapak ibu, orang tua kami. Semoga menjadi Haji/Hajjah yang Mabrur dan Mabruroh. Kita mengetahui bahwa Ibadah Haji merupakan Rukun Islam ke Lima, dimana Ibadah Haji ini sangat dianjurkan bagi umat muslim yang mampu untuk menunaikan ibadah Haji di Tanah Suci Mekkah,” ucap Elfin.

Sebelumnya, Kakan Kemenag Tapteng H. Zul Syukri Mangandar Limbong, dalam laporannya menyampaikan, Jamaah Calhaj Kabupaten Tapteng tahun 2023 berjumlah 74 orang, dengan rincian Jamaah Haji yang reguler berjumlah 71 orang, Jamaah Haji Cadangan 3 orang.

“Jamaah Haji laki-laki 20 orang, Jamaah Haji perempuan 54 orang. Jamaah Haji yang termuda Siti Anugrah Hutagalung dari Kecamatan Kolang dengan usia 26 tahun. Jamaah Haji tertua Mintauli Situmeang dari Kecamatan Pinangsori dengan usia 87 tahun,” ungkap Zul Syukri.

Dari data yang diperoleh, jumlah Haji per-Kecamatan di Kabupaten Tapanuli Tengah diantaranya, Kecamatan Pandan 38 orang, Kecamatan Sarudik 5 orang, Kecamatan Badiri 3 orang, Kecamatan Pinangsori 4 orang, Kecamatan Tukka 5 orang, Kecamatan Barus 4 orang, Kecamatan Kolang 3 orang, Kecamatan Sorkam 8 orang, Kecamatan Sorkam Barat 2 orang, Kecamatan Tapian Nauli 1 orang, dan Kecamatan Andam Dewi 1 orang.

Untuk keberangkatan Jamaah Calhaj Tapteng diperkirakan Kloter Pertama masuk Asrama Haji Medan pada tanggal 23 Mei 2023 dan berangkat ke Arab Saudi pada tanggal 24 Mei 2023.

Sedangkan pemulangan Jamaah Haji Tahun 2023 Kloter Pertama berangkat dari Jeddah ke tanah air pada tanggal 4 Juli 2023 mendatang.

Mewakili Jamaah Haji Dapot Sinta Halomoan Hutabarat
Menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Tapteng atas Tepung Tawar dan upah-upah, yang digelar sebagai penyemangat bagi pada Calon Haji.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Pemkab Tapteng yang telah memfasilitasi keberangkatan kami ke tanah Suci Mekah. Semoga dengan doa kita bersama kami seluruh Calon Jamaah Haji dapat melaksanakan dan mengikuti semua tahapan pelaksanaan Ibadah Haji di Mekkah dalam keadaan sehat walafiat hingga kembali ke Tanah Air,” ujar Dapot Sinta.

Upacara adat tepung tawar sekaligus pemberian upah-upah tersebut turut dihadiri Plh Sekretaris Daerah Herman Suwito, para Asisten dan Pimpinan OPD Pemkab Tapteng, serta perwakilan dari Organisasi Islam. (red)