Pemko Sibolga Buka Pendaftaran Penerima Beasiswa Bagi Mahasiswa Kurang Mampu, Begini Persyaratannya

Kantong Berita, SIBOLGA-Dalam rangka mewujudkan visi misi “Sibolga Pintar”, Pemko Sibolga telah membuka pendaftaran bagi mahasiswa kurang mampu dan pintar untuk memperoleh beasiswa.

Bantuan tersebut dikucurkan melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekdakot Sibolga, yang pelaksanaan teknisnya diserahkan kepada Dewan Pendidikan Kota Sibolga.

Sekretaris Dewan Pendidikan Kota Sibolga Hendra Sahputra dalam keterangan persnya menjelaskan bahwa beasiswa tersebut diberikan khusus bagi mahasiswa yang berdomisili di Kota Sibolga minimal 3 tahun.

“Dibuktikan dengan Kartu Keluarga dan KTP. Gak bisa yang baru pindah, atau penduduk Tapteng atau daerah lain,” kata Hendra usai menghadiri rapat di aula Nusantara II Kantor Wali Kota Sibolga yang dipimpin oleh Sekda, dan dihadiri Camat dan lurah se-Kota Sibolga, Jumat (16/12/2022).

Sekilas, mantan Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga ini menjelaskan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon penerima beasiswa, diantaranya, penerima harus aktif perkuliahan minimal 2 semester dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang diajukan maksimal 4 semester.

“Artinya yang sudah kuliah minimal 1 tahun dan maksimal 2 tahun,” kata Hendra diamini rekannya Parulian Sihotang yang menjabat di bidang komunikasi dan media.

Kemudian, IPK calon penerima diatur, untuk yang kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan jurusan Eksakta minimal 3,0 dan non Eksakta 3,25.

Sedangkan, untuk yang kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) IPK minimal jurusan Eksakta 3,25 dan yang non Eksakta 3,5.

“Kalau dibawah 3, tidak kita terima, walaupun dia miskin,” ungkapnya.

Selain itu, masih ada persyaratan lainnya yang harus dipenuhi, dimana calon penerima beasiswa tidak terdaftar sebagai penerima beasiswa lainnya.

“Artinya, tidak boleh double. Beasiswa ini murni diberikan kepada mahasiswa yang belum pernah menerima beasiswa,” tegas Hendra sembari menambahkan, untuk mahasiswa yang kuliah di PTN atau PTS Sibolga-Tapteng, disediakan kuota sebanyak 15 orang dari 50 orang kuota yang ada dan masing-masing mahasiswa akan menerima uang sebesar Rp5 juta, yang akan ditransfer langsung melalui rekening Bank Sumut.

Diketahui kalau bantuan pendidikan ini hanya diberikan sekali saja. Bagi masyarakat Kota Sibolga yang ingin mendaftar, silahkan datang ke Lantai II Kantor Lurah Pancuran Dewa, Kecamatan Sibolga Sambas.

“Untuk tahapan pendaftaran, kita sudah jadwalkan, tanggal 14-15 Desember 2022 kita sudah lakukan sosialisasi dengan menghadirkan Camat dan Lurah. Kemudian tanggal 16-21 Desember 2022 pendaftaran mahasiswa penerima beasiswa, itu dilakukan di kantor Kelurahan Pancuran Dewa,” terang Hendra.

Selanjutnya, tanggal 22-26 Desember 2022 akan dilakukan verifikasi lapangan ke perguruan tinggi dan tempat tinggal calon penerima beasiswa, untuk memastikan bahwa yang bersangkutan benar-benar layak menerima bantuan pendidikan tersebut.

“Yang terakhir, si penerima nanti akan menandatangani fakta integritas. Ketika data-data yang diberikannya bohong atau tidak sesuai, maka yang pertama, dia akan gugur dan uangnya akan dikembalikan,” pungkasnya.

Ditimpali rekannya, Parulian Sihotang yang meminta masyarakat Kota Sibolga untuk tetap mendukung visi misi Wali Kota Sibolga Jamaluddin Pohan dan Wakilnya Pantas Maruba Lumban Tobing.

“Harapannya kesempatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat dan kita minta kepada orangtua untuk mendukung program Pemerintah Kota Sibolga salahsatunya Sibolga pintar. Dan ini sudah dilakukan setelah kepemimpinan pak Jamal-Pantas, dan setelah kami menjadi pengurus Dewan Pendidikan Kota Sibolga,” kata Parulian.

Tak hanya itu, Parulian juga meminta Camat dan Lurah untuk ikut berperan aktif dalam menyukseskan program pendidikan ini.

“Orangtua, Camat dan Lurah harus jujur disini, tidak perlu mengedepankan ego, tapi bagaimana memberikan kesempatan kepada orang-orang yang betul-betul miskin dan pintar untuk mendapatkan beasiswa ini,” pungkasnya. (red)