Tinta Kosong, Pencetakan E-KTP di Tapteng Terhambat

  • Bagikan
Ilustrasi (int)

Kantong Berita, TAPTENG-Dikarenakan ribbon atau tinta kosong, sehingga pencetakan E-KTP di Kabupaten Tapanuli Tengah, terhambat.

Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Tapanuli Tengah, Sofia Juliasty Hutagalung, SE, didamping Kabid Pendaftaran Penduduk, Ahmad Saudi Pasaribu, S.Kom menjelaskan bahwa kekosongan tinta tersebut dikarenakan pihak penyedia belum juga mengirimkannya. Sofiapun memohon maaf kepada masyarakat atas kondisi tersebut.

Dan perlu diketahui, bahwa keterlambatan tersebut bukan hanya terjadi di Tapteng saja, melainkan sudah menjadi kasus nasional.

Baca Juga :   Oknum PNS Pemakai Sabu Ditangkap Polsek Sibabangun

“Sesuai dengan informasi ke kami, bahwa pengadaan atau e-katalok ribbon itu sudah dibuka kemarin. Jadi, kita tinggal menunggu tibanya (tinta) dari pihak penyedia. Begitu tinta sudah datang, kita akan langsung cetak seperti biasa. Jadi kendalanya ditinta-nya, bukan diblangko KTP. Karena blangko kita mencukupi,” terang Sofia Juliasty.

Ditambahkannya, pengadaan atau pembelian tinta untuk proses pembuatan E-KTP harus melalui sistem e-katalok. Dan e-kataloknya baru dibuka kemarin.

Baca Juga :   Bupati Tapteng Serahkan Zakat Kepada 500 KK di Kecamatan Barus

“Hal ini perlu kami jelaskan, agar masyarakat dapat memakluminya, bahwa kendala ini bukan di Dukcapil Tapteng atau pada blangko KTP kita, melainkan pada tinta. Harapan kami, masyarakat dapat memakluminya. Jadi, bukan kami tidak mendukung program pak Bupati. Melainkan kendalanya pada tinta. Dan setibanya tinta itu dari penyedia, kita akan langsung cetak seperti biasa,” pungkasnya. (ril)

  • Bagikan