Pj Bupati Tapteng Buka Rakor Persiapan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023

Pj Bupati Tapteng Buka Rakor Persiapan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023
Foto : Pj Bupati Tapteng saat membuka Rakor Persiapan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Gedung Serbaguna Pandan.

Kantong Berita, TAPTENG-Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) Antisipasi Kamtibmas di Gedung Serbaguna Pandan, Senin (12/12/2022).

Pj Bupati Tapteng, Dr Elfin Elyas, M.Si, CRGP, CGCAE, CFrA bersama Forkopimda Tapteng membuka secara resmi rakor persiapan Nataru tersebut.

Kapolres Tapteng, AKBP Jimmy Christian Samma dalam pemaparannya menjelaskan bahwa Kepolisian membentuk Operasi Lilin Toba 2022 dalam rangka pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di wilayah Tapteng.

Perayaan Natal di tahun ini menurut Kapolres akan jauh lebih ramai dan padat dibandingkan tahun-tahun kemarin.

Hal ini disebabkan pada jelang akhir tahun 2022, perayaan Natal sudah dapat dilaksanakan lebih bebas dibandingkan tahun sebelumnya.

“Agar kita semua dapat lebih memahami titik keramaian yang dapat menimbulkan rawan kemacetan arus lalin di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah, khususnya di wilayah Kecamatan Pandan. Untuk itu, Polres Tapteng beserta jajaran masih menerapkan dan menekankan pentingnya disiplin mematuhi protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah,” kata Kapolres Tapteng.

Menurutnya, atensi dari Kapolda Sumut juga harus mengantisipasi banjir dan longsor. Karena diakhir tahun ini sedang musim hujan, sehingga harus mengantisipasi titik-titik daerah rawan kecelakaan di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah. Seperti yang sering terjadi di sekitar daerah Barus, Sibabangun, dan Sitahuis.

Tak hanya itu, Kapolres Tapteng juga menjelaskan pentingnya pemasangan tenda Pengamanan di setiap Pantai yang intensitas wisatawannya tinggi, guna mengantisipasi terjadinya Curanmor ataupun kejadian yang tidak kondusif lainnya.

Kemudian, penyiapan sarana Kesehatan, Tim SAR, dan alat berat di tempat-tempat yang ramai.

“Semoga Pengamanan ini dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ucap Jimmy.

Dandim 0211/TT Letkol Inf. Jon Patar Hasudungan Banjarnahor, S.IP,. yang turut hadir pada pertemuan tersebut juga menyampaikan hal yang sama dan mengaku mendukung sepenuhnya kegiatan tersebut.

“Tujuan utama kita melaksanakan rakor dan mengamankan Nataru ini agar kita semua (lintas sektor) dapat melaksanakan tugas (sinergi), sesuai tupoksi kita masing-masing dalam mengantisipasi Kamtibmas,” kata Jon Patar.

Sementara, Pj Bupati Tapteng pada kesempatan tersebut meminta Kepala Badan Kesbangpol agar segera menyusun Surat Edaran dalam rangka pengamanan Nataru.

Dengan harapan, Ormas Islam dapat membantu pengamanan Gereja dalam rangka menjaga harmonisasi keberagaman dan persaudaraan keagamaan.

“Dinas Perindag Kabupaten Tapteng juga bersama instansi terkait agar berkoordinasi memastikan ketersediaan stok Sembako. Kepada pihak PT PLN (Persero), kiranya listrik dapat berjalan dengan baik,” kata Elfin.

Pada rakor tersebut juga dibahas berbagai hal yang perlu diantisipasi menjelang, hingga pasca Nataru, termasuk melibatkan OPD Pemkab Tapteng hingga Camat, Kepala Desa/Lurah yang bersinergi dengan TNI/POLRI, dan instansi lainnya.

Seperti lalu lintas moda transportasi, tempat-tempat obyek wisata, kesehatan/pengendalian COVID-19 dan Vaksinasi, hingga antisipasi bencana alam banjir, longsor, dan lainnya.

“Terkait penyampaian yang telah disampaikan Kapolres Tapteng dan Dandim 0211/Tapteng, merupakan semangat baru kita untuk menyukseskan Pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah,” ungkap Pj Bupati, sembari berharap hasil rakor tersebut nantinya dapat segera ditindaklanjuti.

Turut hadir pada rakor tersebut, Danlanal Sibolga, Letkol Laut (P) Cahyo Pamungkas, M. Tr. Opsla. Kemudian, perwakilan Denpom I/2 Sibolga, Satrad 234, serta perwakilan Kejari Sibolga.

Para Perwira Polres Tapteng, Kapolsek, para Perwira Kodim 0211/TT, Danramil, Asisten serta OPD Pemkab Tapteng dan Camat.

Kepala Kantor Bandara Dr FL Tobing, Basarnas Tapteng, Direktur RSUD Pandan, seluruh Kepala UPTD Puskesmas Kabupaten Tapteng, Ketua MUI, Ketua FKUB, Tokoh Agama/Masyarakat, dan Ormas Keagamaan. (red)