Pj Bupati Tapteng Gelar Sosialisasi P4GN di SMA Yapim Taruna Pandan

Kantong Berita, TAPTENG-Penjabat (Pj) Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), Dr Elfin Elyas, M.Si, CRGP, CGCAE, CFrAb menggelar Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Aula SMA-SMK Swasta Yapim Taruna Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kamis (24/11/2022).

Hadir pada acara tersebut, Kapolres Tapteng, AKBP Jimmy Christian Samma, SIK, mewakili Dandim 0211/TT dan Kejari Sibolga. Hadir juga yang mewakili BNNK Tapanuli Selatan, Syarifah Lubis.

Pj Bupati Tapteng, dalam sambutannya menyampaikan bahwa keterlibatan Forkopimda wajib hukumnya dalam Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika.

Begitu juga seluruh pemangku kepentingan, termasuk Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, para Guru, serta institusi dan elemen masyarakat lainnya.

Karena menurut Elfin, Peredaran dan penyalahgunaan narkoba merupakan salah satu permasalahan nasional yang dipandang serius oleh Pemerintah yang dapat menyebabkan rusaknya moral bangsa.

“Untuk penanggulangan penyalahgunaan narkoba diperlukan upaya yang terpadu dan komprenhensif bagi individu yang menyalahgunakannya. Untuk itu, metode pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba yang paling efektif dan mendasar adalah metode promotif dan preventif. Upaya yang paling praktis dan nyata adalah represif, dan upaya yang manusiawi adalah kuratif (mengobati), serta rehabilitatif,” kata Elfin.

Pemerintah telah menerbitkan berbagai peraturan dalam rangka penegakan hukum atas tindakan tersebut, seperti Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Tahun 2020-2024.

Sebelumnya, Kaban Kesbangpol Kabupaten Tapteng, Budi Joniar Siahaan, SE, MM, menyampaikan tujuan sosialisasi P4GN digelar, untuk menjalin dan memperkuat komunikasi dan Informasi dengan pemangku kepentingan.

Tak hanya itu, para peserta juga diharapkan dapat menjadi inisiator garda terdepan P4GN di tengah-tengah masyarakat.

Hadir pada kegiatan sosialisasi tersebut, Kasat Narkoba Polres Tapteng AKP Juli Purwoto, SH, MH, Ketua LABDN, Firman Lubis, SH, Camat Pandan, Camat Sarudik, Camat Tukka, dan para Tokoh Pemuda. (red)