Pj Bupati Tapteng Kenakan Pakaianan Adat di Upacara HUT RI ke 78

Kantong Berita, TAPTENG-Pj Bupati Tapteng Elfin Elyas memakai Pakaian adat di upacara peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia di lapangan sepak bola Pandan, Kamis (17/8/2023).

Mengenakan pakaian adat pesisir yang menggambarkan kekayaan budaya lokal, Pj Bupati Tapteng Elfin Elyas tampak gagah dan berwibawa.

Tidak hanya Pj Bupati, tetapi juga Ketua DPRD Tapanuli Tengah, Khairul Kiyedi Pasaribu, tampil memukau dengan mengenakan pakaian adat Batak Simalungun.

Suara lantang Khairul saat membacakan Teks Proklamasi menambah khidmatnya momen tersebut.

Tidak hanya dua tokoh tersebut, Ketua TP PKK Tapteng Ny Catherine Elfin Elyas juga ikut meramaikan suasana dengan mengenakan pakaian adat pesisir Tapteng, lengkap dengan Sanggu Gadang.

Catherine terlihat anggun berdampingan dengan istri-istri Forkopimda Tapanuli Tengah yang juga mengenakan pakaian adat.

Tak hanya para pemimpin daerah, para OPD (Organisasi Perangkat Daerah) juga turut berpartisipasi dengan mengenakan pakaian adat Nusantara yang mencerminkan keberagaman dan persaudaraan Indonesia.

Peringatan HUT ke-78 RI di Kabupaten Tapanuli Tengah juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan.

Di antaranya, pemberian penghargaan kepada PNS Tapteng yang dihargai dengan tanda kehormatan Satya Lancana Karya dari Presiden RI.

Selain itu, juga diberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh inspiratif yang peduli terhadap pendidikan, sekolah pelaksana Program Sekolah Penggerak Angkatan III tahun 2023, guru-guru inspiratif dalam menerapkan kurikulum merdeka tingkat SD dan SMP.

Penghargaan juga diberikan kepada pihak-pihak yang berjasa dalam mengungkap kasus tindak pidana pencurian dan kekerasan.

Bukan hanya itu, pemberian penghargaan juga diberikan kepada kepala desa dan lurah yang berperan serta dalam kegiatan lomba kampung bebas narkoba.

Kemudian penghargaan untuk tenaga medis terbaik, termasuk puskesmas, dokter, bidan, dan perawat.

Acara tersebut juga menghadirkan momen emosional dengan pemberian remisi kepada 682 warga binaan dari Lapas Sibolga.

Tidak hanya berfokus pada aspek seremonial, atraksi bela diri dari Satuan Pamong Praja (Satpol PP Tapteng) yang dibina langsung oleh Pj Bupati Tapteng dan Kasatpol Wi Chandri Limbong.

Setelah upacara bendera selesai, Pj Bupati bersama Forkopimda dan pimpinan DPRD Tapteng mengikuti acara kenegaraan lainnya secara virtual di Kantor Bupati Tapteng. (red)