Polres Sibolga Budidaya Lele dan Nila; Menjaga Ketersediaan Pangan Ditengah Pandemi Covid-19

  • Bagikan

Kantong Berita, SIBOLGA-Sebagai wujud kongkrit upaya menjaga ketersediaan pangan ditengah Pandemi Covid-19. Polres Sibolga menjalankan program Ketahanan Pangan dengan cara membudidayakan Ikan Lele dan Nila.

Kegiatan dipimpin langsung Kapolres Sibolga AKBP Triyadi,SH,SIK, diikuti oleh Waka Polres Kompol Sutrisno,SH, Kabag Ops Kompol R. Sihombing,SH, Kabag Sumda Kompol Irianto,SH dan Kabag Ren Kompol K.Nababan,SH.

“Kegiatan ini menyikapi dampak Pandemi Covid-19 disemua lini kehidupan masyarakat,” ujar Kapolres Sibolga AKBP Triyadi,SH,SIK dalam keterangan persnya disela-sela kegiatan, yang dilaksanakan disamping aula Wira Pratama Polres Sibolga, Kamis (4/6).

Selain itu, Budidaya ikan tersebut juga sebagai upaya Polres Sibolga ikut membantu tugas pemerintah dalam menyosialisasikan program ketahanan pangan.

Baca Juga :   Hilang Kontak, KM. Rezeki Indah Sari Ditemukan Karam: 19 ABK Berhasil Selamat

“Dampak dari Pandemi Covid-19 akan sangat berpengaruh terhadap hasil pertanian dan perikanan. Sehingga perlu adanya antisipasi dengan menciptakan lahan perikanan baru. Yang diharapkan mampu menghasilkan stok ikan, agar tidak terjadi kelangkaan disaat new normal,” terangnya.

Harapannya, seluruh Polsek jajaran Polres Sibolga akan memanfaatkan lahan yang ada untuk melaksanakan program ketahanan pangan tersebut.

Tak hanya ikan, sayur mayur juga dapat menjadi alternatif lain untuk menjalankan program Pemerintah pusat tersebut.

“Dapat juga dilakukan dengan menanam sayur-sayuran ataupun yang lainnya. Sebab hal itu cara efektif untuk mencegah terjadinya krisis pangan yang menjadi kebutuhan masyarakat. Polres Sibolga juga membantu Pemerintah selama masa Pandemi ini. Dimana akses masyarakat untuk mendapatkan pangan cukup terbatas. Karena Covid-19 mengganggu segala sendi kehidupan, kesehatan, sosial maupun ekonomi,” pungkas Kapolres.

Baca Juga :   Satgas Gabungan Unsur Maritim Terbentuk; KSOP Sibolga Salahsatu Anggota

Diketahui, jumlah bibit ikan lele yang ditabur sebanyak 10.000 ekor. Yang ditempatkan di 4 kolam.

Sedangkan, bibit ikan nila sebanyak 1700 ekor yang ditempatkan di 1 kolam.

Kedepannya, Budidaya ini menjadi salah satu sumber daya yang diandalkan dalam memenuhi kebutuhan dan pemberdayaan ekonomi ditengah masyarakat menuju New Normal dimasa Pandemi Covid-19.

Program ini juga diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup, baik bagi anggota Polri maupun masyarakat. (red/kb)

  • Bagikan