MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

Polres Sibolga Budidaya Lele dan Nila; Menjaga Ketersediaan Pangan Ditengah Pandemi Covid-19

Kantong Berita, SIBOLGA-Dalam rangka menjaga ketersediaan pangan di tengah Pandemi Covid-19, Polres Sibolga telah melaksanakan program Ketahanan Pangan dengan membudidayakan ikan Lele dan Nila.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Sibolga AKBP Triyadi,SH,SIK, dan dihadiri oleh Waka Polres Kompol Sutrisno,SH, Kabag Ops Kompol R. Sihombing,SH, Kabag Sumda Kompol Irianto,SH, dan Kabag Ren Kompol K.Nababan,SH.

“Program ini adalah respons terhadap dampak Pandemi Covid-19 pada semua aspek kehidupan masyarakat,” ungkap Kapolres Sibolga AKBP Triyadi,SH,SIK dalam pernyataannya di sela-sela kegiatan, yang berlangsung di samping aula Wira Pratama Polres Sibolga, pada Kamis (4/6).

Selain itu, kegiatan budidaya ikan juga merupakan bagian dari upaya Polres Sibolga dalam mendukung upaya pemerintah untuk menyebarkan program ketahanan pangan.

“Dampak dari Pandemi Covid-19 diperkirakan akan berdampak signifikan pada hasil pertanian dan perikanan. Oleh karena itu, langkah-langkah antisipasi diperlukan, termasuk menciptakan lahan perikanan baru untuk memastikan pasokan ikan yang cukup, sehingga tidak terjadi kelangkaan saat memasuki masa new normal,” jelasnya.

Kapolres berharap bahwa semua Polsek di bawah naungan Polres Sibolga akan menggunakan lahan yang tersedia untuk menjalankan program ketahanan pangan ini.

Tidak hanya budidaya ikan, produksi sayuran juga dapat menjadi alternatif lain dalam mendukung program pemerintah.

“Pilihan lain adalah menanam sayuran atau jenis tanaman lainnya, karena itu adalah cara yang efektif untuk mencegah krisis pangan yang dapat mempengaruhi kebutuhan masyarakat. Selama masa pandemi Covid-19, Polres Sibolga juga berkontribusi dalam membantu pemerintah karena akses masyarakat terhadap pasokan pangan terbatas. Covid-19 telah memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk kesehatan, sosial, dan ekonomi,” tambah Kapolres.

Diketahui, sebanyak 10.000 ekor bibit ikan Lele telah ditanam di 4 kolam, sementara 1700 ekor bibit ikan Nila ditempatkan di 1 kolam.

Program ini diharapkan menjadi salah satu sumber daya penting dalam memenuhi kebutuhan pangan dan meningkatkan ekonomi masyarakat dalam menuju masa new normal di tengah pandemi Covid-19.

Selain itu, diharapkan program ini juga akan memberikan dampak positif bagi anggota Polri dan masyarakat secara keseluruhan.