banner 728x250

Program HORAS Imigrasi Sibolga Layani Permohonan Paspor Dihari Libur

Foto : Petugas Imigrasi Sibolga saat melayani pembuatan paspor Tirawiah di Padang Sidimpuan.

Kantong Berita, SIBOLGA-Minggu merupakan hari libur dan merupakan waktu yang tepat untuk berkumpul dan bercengkrama dengan keluarga dan orang-orang tercinta. Baik di rumah maupun di luar rumah.

Namun, hal ini tampaknya tidak berlaku bagi sebahagian Petugas Imigrasi Sibolga. Meski hari libur, mereka harus tetap melayani secara khusus orang sakit yang harus segera mendapatkan perawatan di luar negeri.

Seperti yang dialami seorang pemohon paspor bernama Tirawiah (81) warga kota Padang Sidimpuan, yang tidak dapat hadir ke Kantor imigrasi Sibolga karena kondisi kesehatannya yang tidak memungkinkan.

Tim yang dipimpin langsung oleh Kepala Sub Seksi Lalulintas keimigrasian Wawan Setiawan langsung mengunjungi Tirawiah di rumahnya, Minggu (29/05/2022). Untuk membantu proses permohonan penggantian paspor miliknya.

Petugas Imigrasi Sibolga yang datang kemudian membantu permohonan paspor, mulai dari proses pengambilan foto hingga pengambilan biometrik.

Program layanan HORAS (Hampiri Orang Sakit) tersebut mendapat apresiasi dari masyarakat.

“Dengan adanya layanan HORAS ini kami sangat terbantu. Karena ibu kami yang sedang sakit tidak harus datang lagi ke kantor Imigrasi, melainkan petugas sendiri yang datang ke rumah kami. Kami merasa sangat terbantu dan sangat bangga dengan layanan HORAS ini,” kata Sempurna Maida putri Tirawiah, yang telah merasakan manfaat layanan HORAS sembari mengucapkan terima kasih kepada imigrasi Sibolga atas layanan primanya.

Menangapi itu, Kepala Kantor Imigrasi Sibolga Saroha Manullang menjelaskan, layanan HORAS merupakan sebuah program inovasi layanan dari Kantor Imigrasi Sibolga, yang memberikan kemudahan dalam permohonan paspor bagi orang yang memiliki kebutuhan khusus. Seperti sakit, yang membutuhkan perawatan dan pengobatan khusus di luar negeri.

Program ini katanya sangat membantu masyarakat. Karena, masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor Imigrasi, melainkan petugas Imigrasi lah yang akan datang ke rumah pemohon paspor.

“Hal ini merupakan salah satu cara memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Saroha Manullang.

Menurutnya, layanan HORAS merupakan pekerjaan mulia dan sebagian dari ibadah kepada Sang Pencipta.

“Tuhan akan melihat segala kebaikan yang rekan-rekan laksanakan dengan segala pengorbanan dan perjuangan. Mari lakukan dan laksanakan dengan sepenuh hati sesuai dengan motto pelayanan imigrasi sibolga yaitu Imigrasi Sibolga Melayani Sepenuh Hati,” ungkapnya.

Untuk diketahui, masyarakat yang ingin memperoleh pelayanan HORAS, dapat menghubungi call center imigrasi Sibolga di nomor 0811 6255 655 atau menghubungi Imigrasi Sibolga melalui media social Imigrasi Sibolga, baik di Instagram, Facebook ataupun Twitter. (red)