Satgas Gabungan Unsur Maritim Terbentuk; KSOP Sibolga Salahsatu Anggota

  • Bagikan

Kantong Berita, SIBOLGA-Digelar rapat koordinasi unsur Pimpinan Maritim Sibolga-Tapteng, dalam rangka pembahasan pencegahan penyebaran Corona Virus Disease atau Covid-19, Senin (18/5) sekira pukul 10.45 WIB.

Pada acara yang digelar di Terminal Penumpang Pelabuhan Sambas atau Pelindo tersebut, Dan Lanal Sibolga selaku Ketua Satgas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19 Kota Sibolga, membentuk Satgas Gabungan dari unsur Maritim.

Pembentukan tersebut sehubungan dengan ditetapkannya Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang kriteria pembatasan perjalanan orang, dalam rangka percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Adapun isi surat edaran tersebut, diantaranya, memerintahkan agar segera membentuk tim gabungan pengendalian, pengawasan dan penegakan hukum.

Kemudian, Tim Gabungan tersebut berasal dari unsur Pemerintah Daerah dan pusat.

Yang terdiri dari BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Kementerian Perhubungan, Satuan Kewilayahan TNI dan Polri, serta instansi strategis lainnya.

Baca Juga :   Sekarang, Besuk Tahanan di Polres Sibolga Online

Guna efektifnya pengendalian, pengawasan dan penegakan hukum maka perlu diberdayakan Satgas Gabungan.

Dimana, untuk angkutan Laut, Dansatgas nya berasal dari Danlantamal/Danlanal/TNI AL dibantu tim kesehatan (KKP dan Dinas Kesehatan), Ditjen Perhubungan Laut (Kepala Otoritas Pelabuhan atau Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan),
Perhubungan, Polri dan Syahbandar.

Hadir pada rapat tersebut, Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Andris Benhard Marimbun Simaremare, M.Tr.Hanla.

Kemudian, Palaksa Lanal Sibolga Mayor Laut (PM) Hartono, Dandenpomal Lanal Sibolga Kapten Laut (PM) Iwan Setiawan, Pasintel Lanal Sibolga Kapten Laut (P) M. Risya Fahlevi dan Kepala PPN Sibolga Makasau A. Po, M.Si.

Kepala BP Lanal Sibolga Lettu Laut (K) dr. Didi, Pa Ur Hartib Denpomal Lanal Sibolga Letda Laut (PM) Imran Makaminang, Kasat Polairud Marudur Sihombing,SH, Kasi Operasi Disnav Sibolga Zulkifli, mewakili Dinas Kesehatan Dr Donna Pandiangan, Bea Cukai Sibolga Wezly L b dan Kepala BPBD Sibolga Juangon Faulay,Sp.

Baca Juga :   Sepeda Motor Tabrak Truck di Simpang Rawang II; Penjual Pulsa Pinggir Jalan Ikut Jadi Korban

Dalam keterangannya, Danlanal membenarkan telah membentuk Satgas Gabungan unsur Maritim. Yang didalamnya juga tergabung Kantor Ksyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sibolga.

“Tadi sudah kita bentuk Satgas Gabungan dari unsur Maritim dan saya sebagai ketua Satgasnya. Dan mulai hari ini sudah bisa bekerja dalam penanganan Covid-19 khususnya pada angkutan laut,” kata Danlanal menjawab pertanyaan wartawan.

Disamping itu, Danlanal juga menegaskan, bahwa pembentukan Satgas Gabungan unsur Maritim tersebut tidak ada kaitannya dengan arus mudik lebaran.

Karena, hingga kini untuk pengangkutan orang pada Kapal Penyeberangan, masih belum diperbolehkan.

“Kecuali ada syarat-syarat yang sudah dipenuhi. Sesuai dengan aturan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19,” tegasnya. (jul/kb)

  • Bagikan