Seruan Copot Yetty Sembiring Juga Datang dari Fraksi Demokrat

Foto : Ketua Fraksi Demokrat Wansono Hutagalung (kiri) dan Tunggul Siregar (kanan).

Kantong Berita, TAPTENG-Satu lagi, desakan pencopotan Yetty Sembiring datang dari Fraksi Demokrat.

Ketua, Wansono Hutagalung dalam keterangannya meminta agar Pj Bupati Tapteng Elfin Elyas Nainggolan segera menindaklanjuti pencopotan tersebut, yang merupakan hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar legislatif dengan para Kepala OPD sebulan yang lalu.

“Hasil rapat, OPD meminta agar mencopot atau segera mengganti Yetty Sembiring sebagai Sekda,” kata Wansono yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Demokrat Tapteng diamini rekannya Tunggul Siregar ditemui di gedung DPRD Tapteng, Sabtu (19/11/2022).

Ditimpali Tunggul, yang menjelaskan sekilas latarbelakang usulan pencopotan tersebut, selain karena tidak harmonisnya dengan para Kepala OPD, juga karena adanya surat mosi tidak percaya yang dilayangkan ke DPRD Tapteng. Serta surat DPRD yang dilayangkan ke Mendagri untuk pencopotan Yetty Sembiring sebagai Pj Bupati Tapteng sekaligus sebagai Sekda, yang merupakan jabatan definitifnya.

“Jadi melihat itu, kami sepakat mengusulkan ke Pj Bupati untuk mencopot Yetty Sembiring sebagai Sekda,” kata Tunggul.

Menurutnya, pencopotan jabatan Sekda tersebut harus segera dilakukan, demi percepatan laju roda Pemerintahan dan Pembangunan Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Karena kalau ini dipertahankan terus, pemerintahan di Kabupaten Tapanuli Tengah akan berjalan kurang baik. Jadi, dikawatirkan ada keterlambatan-keterlambatan proses pencapaian, termasuk dalam Pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Tapanuli Tengah,” pungkas pria yang juga menjabat Sebagai Sekretaris DPC Demokrat Tapteng ini menjelaskan kepada wartawan.

Diketahui, Fraksi Demokrat merupakan Fraksi ke 6 yang mengusulkan pencopotan Yetty Sembiring sebagai Sekda.

Sebelumnya, Yetty yang menjabat sebagai Sekda sempat dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Tapteng.

Pada 14 November 2022, jabatan Yetty sebagai Pj Bupati pun dicopot dan diganti oleh Elfin Elyas Nainggolan yang merupakan Inspektur Inspektorat Kemendagri. (red)