banner 728x250

Turnamen Catur ‘Bakhtiar Ahmad Sibarani Cup’ Berhadiah Rp100 Juta Diikuti 1422 Peserta, Bakhtiar : Saya Akan Terus Berbuat Untuk Tapteng

Foto : Bakhtiar Ahmad Sibarani menyaksikan pertandingan perdana turnamen catur.

Kantong Berita, TAPTENG-Turnamen Catur Bakhtiar Ahmad Sibarani Cup Tahun 2022 yang memperebutkan total hadiah Rp100 juta dibanjiri peserta.

Tercatat, 1.422 peserta yang siap bertanding sejak dibuka oleh Bakhtiar Ahmad Sibarani, Selasa (12/7) di Gedung Serbaguna Pandan, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Membludaknya peserta mengikuti pertandingan catur ini, sebagai bukti kecintaan masyarakat Tapteng akan sosok Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Ditambah lagi, banyaknya warga yang punya bakat main catur serta dibarengi dengan hadiah yang cukup besar yang disediakan oleh panitia.

Dalam sambutanya pada acara pembukaan, Bakhtiar Ahmad Sibarani mengajak seluruh peserta catur, agar bertanding dengan sportif dan memanfaatkan turnamen tersebut sebagai ajang menyalurkan bakat, sekaligus memperkuat silaturahmi dan persaudaraan sesama masyarakat Tapteng.

“Kita perlu belajar banyak dari cara permainan catur. Catur ini salah langkah, risiko kuat. Hidup ini juga begitu, salah bergerak, salah bicara, salah berstrategi konsekuensi menunggu. Begitulah kehidupan. Dan turnamen ini saya laksanakan karena banyak orang yang suka main catur. Bagaimana mengatur strategi, mengatur pion bisa mengalahkan raja. Bagaimana raja aman diposisi nya, begitulah konsekuensi hidup. Kadang-kadang orang harus sabar, Kadang-kadang berpikir lama kali, baru dijalankan,” kata Bakhtiar.

Walaupun dirinya tidak lagi menjabat Bupati Tapteng, namin dirinya tetap akan berbuat yang terbaik untuk kampung halamannya.

“Saya sangat cinta dengan Tapanuli Tengah ini, mari sama-sama kita jaga dan kita pelihara persatuan dan kesatuan yang sudah terjalin cukup baik selama ini. Jangan mau diprovokasi atau diadu domba oleh siapapun,” imbuh Bakhtiar, disambut tepuk tangan ribuan masyarakat serta peserta yang memadati Gedung Serbaguna Pandan.

Masih menurut politisi muda asal Barus itu, sehabis Turnamen Catur, dia juga akan menggelar Turnamen Sepak Bola ‘Bakhtiar Ahmad Sibarani Cup Tahun 2022’ yang memperebutkan total hadiah Rp1 miliar.

Pertandingan sepak bola tersebut akan dipusatkan di Kabupaten Tapanuli Tengah dan menampung para pebakat dan pecinta sepak bola.

“Beragam kegiatan akan kita gelar, agar masyarakat termotivasi serta bakatnya tersalurkan. Dan semua biaya serta hadiah yang diperebutkan dari kami pribadi. Alhamdulillah, kami ada dititipkan Allah SWT usaha tambang di Sulawesi, di Kalimantan, usaha tangkahan, kapal ikan dan usaha lainnya. Dari hasil usaha itu kami sisihkan rezeki untuk menggelar kegiatan ini serta untuk menyediakan hadiah-hadiah untuk berbagai even,” ungkap Bakhtiar.

Sementara itu Pj Bupati Tapanuli Tengah Yetty Sembiring dalam sambutannya, mengakui segala perjuangan dan perhatian Bakhtiar Ahmad Sibarani untuk masyarakat Tapanuli Tengah dan juga dirinya.

“Sebelumnya saya adalah ajudan Bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani. Selama lima tahun beliau menjadi Bupati, saya dibimbing hingga bisa jadi seperti sekarang ini. Terima kasih Bapak Bakhtiar atas perjuangan dan bimbingan yang telah diberikan. Dan hari ini masyarakat ramai berkumpul untuk menyaksikan kegiatan ini, itu sebagai bukti kecintaan masyarakat terhadap Bapak,” kata Yetty.

Tidak lupa Yetty memberikan semangat kepada para peserta, agar tetap menjunjung tinggi sporitivitas.

Sebelumnya Ketua Panitia Turnamen, Willy Sahputra Silitonga, SH, dalam laporannya menyampaikan, turnamen catur ini dibagi dalam tiga kategori, yakni, Umum, PNS dan Pelajar (SMP/SMA).

Dengan dibukanya turnamen ini, maka secara serentak, Rabu (13/7) dilaksanakan pertandingan di 20 Kecamatan.

Para juara dari masing-masing Kecamatan akan diadu di final yang dipusatkan di Gedung Serbaguna Pandan.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani, abang dan sekaligus guru kami atas diselenggarakannya kegitan yang baru pertama kali digelar di Sumatera Utara dengan total hadiah sebesar Rp100 juta. Dan biaya kegiatan serta hadiah ini dipersembahkan oleh PT. CITEK (Citra Three Teknik) perusahaan Bapak Bakhtiar dan Ibu Citra,” ungkap Willy.

Ada pun besaran hadiah untuk para pemenang :
Kategori Umum
Juara I Rp 30 Juta
Juara II Rp 20 JUta
Juara III Rp 7 Juta
Harapan I Rp 7 Juta

Kategori PNS
Juara I Rp 7 Juta
Juara II Rp 5 Juta
Juara III Rp 3 Juta
Harapan I Rp 2 Juta

Kategori Pelajar
Pelajar SMP
Juara I Rp 4 Juta
Juara II Rp 2,5 Juta
Juara III Rp 1 Juta
Harapan I Rp 500 ribu

Pelajar SMA
Juara I Rp 4 Juta
Juara II Rp 2,5 Juta
Juara III Rp 1 Juta
Harapan I Rp 500 ribu.

Acara pembukaan ini turut dihadiri, Kapolres Tapteng AKBP Jimmy C Samma, Dandim 0211/TT Letkol Czi Mangatas Pandapotan Sibuea, Ketua GAMKI Sumut Darwin Sitompul, Ketua DPRD Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu, Ketua DPRD Sibolga Akhmad Syukri Nazri Penarik dan Ketua MUI Tapteng Ngadiman KS serta perwakilan dari Forkopimda dan undangan lainnya.

Pembukaan turnamen ditandai dengan langkah bidak catur oleh Bakhtiar Ahmad Sibarani. (red)