Untuk Peningkatan dan Pemantapan Manajemen, Perumda Mual Nauli Gelar PKM

Kantong Berita, TAPTENG-Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Mual Nauli mengadakan kerja sama dengan Politeknik Negeri Medan (Polmed) lewat Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Sabtu (28/10/2023).

Hal itu dilakukan untuk peningkatan dan pemantapan manajemen Perumda Mual Nauli.

Dipilihnya Perumda Mual Nauli Tapanuli Tengah menjadi tempat pelaksanaan PKM, karena Direktur Perumda Mual Nauli Masril Tua Rambe, SE, adalah salah satu mahasiswa magister Politeknik Negeri Medan.

Kemudian, selaku perusahaan yang bergerak di bidang layanan air minum, dinilai perlu untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

Pelaksanaan PKM tersebut bertajuk “PKM Peningkatan Produktivitas Manajemen Perumda Mual Nauli Melalui Upgrading Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Berstandar Layanan Prima”.

Sebanyak 47 karyawan dari Perumda Mual Nauli Tapanuli Tengah dibekali dengan berbagai ilmu, di antaranya; Tips Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Depan Umum yang disampaikan oleh Dina Arfianti Siregar.

Peningkatan Pengendalian Internal Dalam Pencegahan Fraud, oleh Dr. Deliana, yang juga Ketua Prodi Polmed.

Peningkatan Kualitas Laporan Keuangan PDAM yang disampaikan oleh Dr. Rini Indahwati.

Ketua Tim PKM Polmed Rizki Syahputra, mengucapkan terima kasih kepada Perumda Mual Nauli atas kerja samanya, sehingga pelaksanaan PKM dapat terlaksana di Perumda Mual Nauli.

PKM ini kata Rizki merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua Prodi Polmed Dr. Deliana menyebutkan, bahwa Politeknik Negeri Medan sudah memiliki program magister (S2), dan lewat kegiatan PKM ini menjadi langkah awal untuk Pemkab Tapanuli Tengah dapat menjalin kerja sama dalam peningkatan SDM.

“Ada 20 orang mahasiswa S2 kita dari Kota Sibolga. Salah satunya adalah Direktur Perumda Mual Nauli Tapanuli Tengah, Bapak Masril Tua Rambe. Kami berharap dengan kegiatan ini, nantinya ada kerja sama dalam peningkatan SDM, baik itu dari karyawan Perumda Mual Nauli dan juga dari Pemkab Tapanuli Tengah ke Politeknik Negeri Medan,” ungkapnya.

Terlaksananya PKM di Perumda Mual Nauli Tapteng menurut Masril Tua Rambe merupakan penghargaan yang luar biasa, mengingat banyak daerah lain yang bermohon agar kegiatan PKM dilaksanakan di daerah mereka.

Dia berkeyakinan dengan terlaksananya kegiatan PKM pada perusahaan yang dipimpinnya, kualitas pelayanan dan manajemen Perumda Mual Nauli semakin meningkat.

“Terima kasih kepada Bapak Ibu Dosen dari Polmed yang turun langsung mendampingi kami para mahasiswa dalam melaksanakan PKM ini. Dan saya secara pribadi selaku Direktur di Perumda ini masih banyak yang harus kami benahi, baik itu dalam SDM dan juga pelayanan. Dan melalui PKM ini, kami sangat banyak terbantu dengan materi yang disampaikan oleh para narasumber yang luar biasa,” kata Masril.

Menurut mantan wartawan ini, bahwa menimba ilmu di Politeknik Negeri Medan sangat menyenangkan, dan dosen-dosennya juga sangat luar biasa.

Dia pun menargetkan, nantinya ada mahasiswa S2 dari Perumda Mual Nauli Tapanuli Tengah kuliah di Polmed dengan bantuan beasiswa dari Perumda Mual Nauli.

Mewakili Pj Bupati Tapanuli Tengah Elfin Elyas, hadir pada acara tersebut Pj Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Herman Suwito, yang memuji kepemimpinan Masril Tua Rambe di Perumda Mual Nauli.

Sekilas Herman bercerita seputar perjalanan Perumda Mual Nauli yang sebelumnya masih berstatus sebagai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), yang selalu merugi dan tidak ada kontribusi dalam bentuk Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Namun sejak perusahaan tersebut dipimpin Masril Tua Rambe sejak setahun lalu, perubahan drastis terjadi. Bahkan perusahaan sudah sanggup menyumbangkan PAD kepada Pemkab Tapanuli Tengah.

Untuk itulah dia menyambut baik kegiatan PKM yang dilakukan oleh Politeknik Negeri Medan di Perumda Mual Nauli.

Karena ilmu yang diberikan sangat mahal, dan itu tidak dapat ternilai.

Pada kesempatan tersebut, Perumda Mual Nauli Tapanuli Tengah memberikan cinderamata kepada perwakilan Politeknik Negeri Medan, yang diserahkan langsung oleh Pj Sekdakab Tapanuli Tengah. (ril/red)