MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

Ada Partai yang Ingin Geser Jumlah Suara Caleg, NasDem Ingatkan BAWASLU dan KPU

Foto : Ketua DPD NasDem Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu didampingi kader NasDem Tapteng lainnya.

kantongberita.com, TAPTENG | Partai NasDem mengendus adanya dugaan upaya penggeseran jumlah suara Pemilihan Legislatif (Pileg) di Dapil 2 Kabupaten Tapanuli Tengah, oleh salah satu Partai Politik (Parpol).

Penggeseran suara dimaksud yakni dengan mengurangi jumlah perolehan suara salah satu Calon Legislatif (Caleg), dan menambahkannya ke Caleg lainnya dalam satu Partai.

Hal itu dikatakan Ketua DPD NasDem Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu dalam konferensi pers yang digelar, Senin (19/2/2024). Namun, Kiyedi mengaku belum dapat menyampaikan nama Partai yang diduga akan bermain curang tersebut.

“Ada kami dengar salah satu Partai yang ingin menggonta-ganti isi suara di internal Partai yang bersangkutan. Tapi hari ini kami belum bisa sampaikan dari Partai apa. Karena, itu harus kami jaga, rahasiakan orang-orang yang telah menyampaikan ke kami,” kata Kiyedi.

Oleh karena itu, Kiyedi dengan tegas meminta BAWASLU untuk mengantisipasi dugaan kecurangan Pemilu ini.

Begitu juga dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), juga diminta agar menekankan PPK dan PPS untuk tidak mencoba bermain-main dengan perolehan suara.

“Kami minta BAWASLU jangan coba-coba bermain. Kami harapkan KPU juga agar menekankan kepada PPK maupun PPS kebawah, jangan pernah merubah-rubah dan kami dengar itu ada di Dapil 2 dan ini kami duga ya. Kami duga di Dapil 2 khususnya di Kecamatan Badiri dan Kecamatan Pinangsori,” ungkapnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Tapteng ini menegaskan akan terus mengawal perhitungan suara di Kabupaten Tapanuli Tengah dengan mengerahkan semua kader NasDem pada saat rapat Pleno, jangan sampai terjadi kecurangan yang dimaksud.

“Dugaan kami ini mudah-mudahan tidak benar. Tapi, itulah yang sampai ke telinga kami. Biarkan lah yang menang menjadi pemenang, jangan ada mainan atau apapun. Kalau memang si A jadi pemenang, biarkanlah dia menjadi pemenang. Kalau memang si B menjadi pemenang, biarkanlah si B menjadi pemenang. Kami ingatkan, kami akan laporkan dan kami akan viralkan langsung. Tapi kalau memang itu perhitungan suara dari BAWASLU, perhitungan suara ulang, silahkan. Kita dukung BAWASLU, tapi jangan coba-coba dan kami sangat berharap ini menjadi attensi ke BAWASLU Pusat,” pungkasnya sembari menambahkan bahwa partai NasDem dalam hal ini sangat menjunjung tinggi Pemilu yang jujur dan adil.

Sekilas, Kiyedi mengungkapkan bahwa pihaknya telah memperoleh 95% perolehan suara Pada Pemilu 14 Februari 2024 yang lalu. Sehingga, telah mengetahui perolehan suara setiap Partai Politik.

“Sudah 95%, jadi kami sudah hampir tahu berapa kursi NasDem yang ada di Tapteng, berapa kursi mungkin partai-partai yang lain yang ada di Tapteng. Jadi, kami sudah tahu berapa kursi yang ada di Tapteng ini,” tandasnya. (red)