Segenap kru kantongberita.com mengucapkan Selamat menunaikan ibadah puasa 1445 H/2024, bulan penuh berkah dan ampunan, bersihkan diri, jernihkan hati. banner 325x300

banner 325x300

Berpakaian Adat Pesisir, Wakil Bupati Tapteng Ikuti Upacara Harlah Pancasila

Foto : Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul berpakaian adat Pesisir mengikuti upacara Harlah Pancasila.

Kantong Berita, TAPTENG-Wakil Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Darwin Sitompul dengan mengenakan pakaian adat Pesisir foto : Wakil Bupatibersama Forkopimda Tapteng mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 secara virtual di Ruang Rapat Cendrawasih Kantor Bupati Tapteng, Selasa (1/6).

Presiden RI Joko Widodo dalam Sambutannya dari Gedung Pancasila, Jakarta menyampaikan bahwa Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

banner 325x300

“Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antar nilai-nilai, dan rivalitas antar ideologi,” kata Presiden Joko Widodo mengawali sambutannya sebagai Inspektur Upacara.

Dengan mengenakan baju adat Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Presiden menjelaskan bahwa Ideologi transnasional hingga radikal, yang cenderung semakin meningkat, memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi.

Hal tersebut juga didorong oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi digital yang memberikan kemudahan dalam berinteraksi, berdialog dan mengakses informasi secara global, termasuk konektivitas jaringan internet 5G yang cepat.

“Saudara-saudara sebangsa dan se-Tanah Air, menghadapi semua ini perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa. Diperlukan cara-cara baru yang luar biasa, memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama Revolusi Industri 4.0. Dan, sekaligus Pancasila harus menjadi fondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berke-Indonesia-an,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Presiden mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju yang kita cita-citakan.

“Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” imbuh Presiden.

Sebelumnya, upacara diawali lagu Indonesia Raya dan Pembacaan Pancasila oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Turut hadir mengikuti upacara secara virtual, Kapolres Tapanuli Tengah, AKBP Nicolas Dedy Arifianto, SH, SIK, MH, Dansatradar 234 Sibolga, Letkol (Lek) Damardita Hiranda, mewakili Dandim 0211/TT, mewakili Danlanal Sibolga serta yang mewakili Dandenpom 1/2 Sibolga,

Ketua DPRD Tapteng Khairul Kiyedi Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Tapteng Willy Saputra Silitonga, SH, Sekteraris Daerah Tapteng Yetty Sembiring, S.STP MM, Asisten Pemeririntahan dan Kesmas Drs. Erwin Marpaung, Asisten Ekonomi dan Pembangunan drh Iskandar dan Kabag Kesra Setda Tapteng. (ril)