banner 728x250

Ciptakan Lapangan Pekerjaan Ditengah Pandemi, Distrik Navigasi Sibolga Gelar Kegiatan Padat Karya

Foto : Kepala Kantor Distrik Navigasi Sibolga, Hendaviny Kartono, SE, M. Kom menyerahkan peralatan kerja kepada peserta padat karya.

Kantong Berita, SIBOLGA-Kantor Distrik Navigasi Kelas III Sibolga menggelar program padat karya, sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat kurang mampu, khususnya di Kelurahan Pondok Batu, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Padat karya merupakan program Pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat, khususnya yang kurang mampu dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal, untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Foto : Kepala Kantor Distrik Navigasi Sibolga, Hendaviny Kartono, SE, M. Kom bersama peserta padat karya.

Seperti disampaikan Kepala Kantor Distrik Navigasi Sibolga, Hendaviny Kartono, SE, M. Kom dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan padat karya yang digelar di halaman kantor Navigasi Sibolga, Kamis (28/4/2022).

“Tujuan utama dari program padat karya ini adalah untuk menolong rakyat, dengan membuka lapangan kerja bagi masyarakat, terutama yang mengalami kehilangan penghasilan atau pekerjaan tetap akibat Pandemi Covid-19,” kata Hendaviny.

Foto : Penyerahan peralatan kerja kepada peserta padat karya.

Senada juga disampaikan oleh Sabar Baktiar Manurung, SE.,MM yang merupakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada kegiatan tersebut dalam laporannya.

Menurutnya, ada 63 orang warga Pondok Batu yang diberdayakan untuk bekerja melakukan pemeliharaan gedung kantor Navigasi dan rumah dinas pada kegiatan padat karya tersebut.

“Sumber dananya dari Dipa Distrik Navigasi III Sibolga Tahun Anggaran 2022,” kata Sabar.

Foto : Para peserta padat karya saat bekerja mengecat gedung dan membersihkan pekarangan kantor Navigasi Sibolga.

Warga yang ikut pada kegiatan padat karya tersebut mengaku senang dan terharu dengan perhatian yang diberikan kantor Navigasi Sibolga.

Meski tak bisa bekerja dalam jangka waktu yang panjang, namun hasil yang diperoleh dari kegiatan tersebut sangat membantu mengurangi beban keluarga.

“Sungguh kami sangat berterimakasih sekali kepada kantor Navigasi, yang telah memberikan pekerjaan kepada kami. Bagi kami yang pengangguran, meski hanya 2 hari, tetapi sangat berharga sekali sama kami. Kami akan memberikan yang terbaik dalam pekerjaan kami,” ungkap seorang ibu dengan terisak haru saat menyampaikan kata mewakili 62 pekerja lainnya.

Mereka juga berharap, program padat karya ini dapat berjalan setiap tahunnya.

“Kami berharap kegiatan padat karya ini terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya,” pungkasnya.

Hadir bersama Kepala Kantor Distrik Navigasi Sibolga menyerahkan peralatan pekerjaan kepada para pekerja, lurah Pondok Batu Togar Banjarnahor dan perwakilan Camat Sarudik. (red)