Dinkes Sibolga; Es Balok Bukan Untuk Dikonsumsi

Foto : Ammar Sihombing

Kantong Berita, SIBOLGA-Dalam menanggapi keluhan masyarakat mengenai penggunaan Es Balok di sejumlah rumah makan dan pedagang pinggir jalan, Dinas Kesehatan Kota Sibolga menegaskan bahwa Es Balok tidak boleh dikonsumsi.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ammar Sihombing, Kasi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, dan Olahraga Dinas Kesehatan Kota Sibolga, dalam sebuah pertemuan di ruang kerjanya pada hari Selasa (25/8).

“Kami melakukan pengawasan secara rutin. Meskipun pengawasan tersebut tidak dilakukan secara kontinyu 24 jam, namun Es Balok secara konsisten digunakan untuk pengawet makanan seperti ikan dan daging, bukan untuk dikonsumsi,” ungkap Ammar.

Ia menjelaskan bahwa alasan utama Es Balok tidak dianjurkan untuk dikonsumsi adalah karena kualitas air yang digunakan sebagai bahan baku tidak dapat dipastikan.

“Salah satu alasan utama adalah karena sumber airnya tidak terawasi. Keluhan masyarakat ini memang beralasan, karena masih ada banyak yang menggunakan Es Balok. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, seperti faktor fisik, kimia, dan mikrobiologi,” tambahnya.

Ammar menegaskan bahwa pihaknya akan mengambil tindakan tegas terhadap pengusaha makanan yang tetap menggunakan Es Balok untuk konsumsi.

“Jika ketahuan, semua Es Balok akan kami ambil dan akan diberikan pembinaan. Jika masih tetap melanggar, ini akan berdampak pada proses perizinan mereka,” tegas Ammar.

Sebelumnya, masyarakat telah mengeluhkan masih adanya rumah makan, kafe, dan pedagang makanan pinggir jalan yang menggunakan Es Balok sebagai campuran minuman. Mereka meminta agar Pemerintah Daerah segera mengambil tindakan tegas untuk menjaga kesehatan warga.