Dinkes Sibolga; Es Balok Bukan Untuk Dikonsumsi

  • Bagikan
Foto : Ammar Sihombing

Kantong Berita, SIBOLGA-Menanggapi keluhan masyarakat seputar penggunaan Es Balok di sejumlah rumah makan dan pedagang pinggir jalan, Dinas Kesehatan Kota Sibolga menegaskan bahwa Es Balok bukan untuk di konsumsi.

Hal tersebut disampaikan Dinas Kesehatan Kota Sibolga melalui Kasi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olah Raga, Ammar Sihombing di ruang kerjanya, Selasa (25/8).

“Pengawasan rutin kita lakukan. Sifatnya kita awasi saat itu, tidak kita awasi 24 jam. Tapi pastinya Es Balok itu untuk pengawet makanan, seperti ikan dan daging. Bukan untuk di konsumsi,” kata Ammar.

Baca Juga :   Pembagian Bantuan Dampak Virus Corona di Sibolga; Kepling Diduga Tebang Pilih

Sekilas dijelaskannya, alasan utama Es Balok tidak dapat dikonsumsi, karena bahan baku airnya tidak melalui pengawasan. Sehingga sangat diragukan kualitas air yang digunakan.

“Yang pertama, sumber airnya tidak diawasi. Keluhan masyarakat ini pas, masih banyak yang memakai Es Balok. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, faktor fisikanya, faktor kimia dan mikro biologinya,” pungkasnya.

Baca Juga :   Truk Overtonase Nyaris Terbalik di Pintu Masuk Pelabuhan Sambas

Ammar berjanji akan menindak pengusaha makanan yang ketahuan masih menyuguhkan Es Balok untuk dikonsumsi.

“Kalau ketahuan, semua Es Balok yang ada, kita ambil. Akan kita kasih pembinaan. Kalau masih membandel, nanti akan berpengaruh pada pengurusan izinnya,” tegas Ammar.

Sebelumnya, warga mengeluhkan masih ada rumah makan, cafe dan pedagang makanan pinggir jalan yang masih menggunakan Es Balok sebagai campuran minuman.

Diminta, agar Pemerintah Daerah segera bertindak tegas, demi menjaga kesehatan warga. (jul/kb)

  • Bagikan