MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

Ini Identitas 6 Pencuri Sarang Burung Walet di Sibolga

Kantong Berita, SIBOLGA-Ingat dengan kasus penangkapan 6 pencuri sarang burung walet dari sebuah rumah di jalan Brigjend Katamso pada Rabu (15/5) yang lalu?

Hasil penyelidikan mengungkap identitas keenam pelaku: HG (34), MA (27), AT (34), DF (36), ML (22), dan AIK (30). Sementara itu, tiga pelaku lainnya, ZT, HP, dan DRT, masih dalam daftar pencarian orang (DPO).

Pemilik sarang burung walet yang disasar adalah Serwin Nauli Basa.

Menurut keterangan polisi, para pelaku ditangkap di lantai 5 bangunan sarang walet tersebut. Mereka membawa sejumlah peralatan untuk merusak dan mendaki bangunan, seperti tali kapal, kayu, dongkrak, obeng, kunci Inggris, senter, skrup, tang, plastik, bambu, dan pahat.

Penyelidikan menunjukkan bahwa aksi ini direncanakan secara matang. Mereka membawa peralatan dari titik kumpul ke lokasi target secara bertahap.

Para pelaku masuk ke gedung melalui jerjak samping penjual rujak. Setelah mencapai lantai 2, mereka menyeberang ke gedung sebelah dengan bantuan jangkar dan bambu. Kemudian, mereka melubangi tembok menggunakan linggis, pahat, dan alat lainnya.

ML kemudian memastikan bahwa gedung tersebut berisi sarang burung walet kepada rekan-rekannya. Mereka berencana untuk beraksi pada malam hari, sambil tidur di gedung tersebut.

Pada pukul 18.30 WIB, keenam pelaku diamankan oleh Polres Sibolga dan masyarakat. Mereka ditahan setelah menjalani pemeriksaan dan ditetapkan sebagai tersangka.

Karena melakukan percobaan pencurian, para tersangka tersebut menghadapi hukuman penjara di atas 5 tahun.