banner 728x250

Pembukaan MTQ ke-47 dan FSQ ke-32 Tapteng; Puluhan Ribu Orang Padati Lapangan Merdeka Barus, Dengarkan Ceramah Ustaz Das’ad Latif

Foto : Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Sekdakab Tapteng Yetti Sembiring mengangkat Trophy MTQ dan FSQ.

Kantong Berita, TAPTENG-Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-45 dan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-32 Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Tahun 2022, dibuka secara resmi oleh Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani, Minggu (20/2/2022) malam.

Foto : Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani bersama Ustad Dr. H. Das’ad Latif S.Sos., S. Ag., M.Si., Ph.D.

Selain piala bergilir, ada 20 unit Sepeda Motor yang disediakan oleh Pemkab Tapanuli Tengah sebagai hadiah bagi para pemenang lomba yang digelar di Lapangan Merdeka Barus tersebut.

“Kami siapkan hadiah sepeda motor sebanyak 20 unit untuk para pemenang dari 20 kategori yang diperlombakan ditambah hadiah lainnya. Silahkan bertanding dengan baik, karena ini merupakan sejarah di Sumatera Utara,” ujar Bupati dalam pidatonya.

Foto : Puluhan ribu orang memadati lapangan Merdeka Barus mengikuti pembukaan MTQ ke-47 dan FSQ ke-32 Tapteng.

Kepada para Dewan Hakim, Bupati meminta agar mereka melaksanakan amanah penilaian dengan sebaik-baiknya, penuh keikhlasan, kejujuran, dan tanggung jawab.

“Saya ingatkan kepada juri yang baru saya lantik, Dosa yang paling fatal adalah mengalahkan orang yang menang dan memenangkan orang yang kalah,” imbuhnya.

Adapun Koordinator Dewan Hakim MTQ ke-47dan FSQ ke-32 Tapteng Tahun 2022 dijabat oleh H. Rasidin Barasa, MA, dan Sekretaris H. Bincar Halomoan Siregar, S.Ag.

Bupati juga menjelaskan alasan utamanya menggelar MTQ dan FSQ di Kecamatan Barus, karena Barus merupakan titik pertama masuknya Islam ke Indonesia.

“Bukan karena egois saya, bukan karena kampung halaman saya. Tapi karena Islam pertama kali masuk ke Indonesia adalah dari Barus ini,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati kembali mengimbau seluruh masyarakat Tapteng agar saat jabatannya berakhir, bersatu untuk menolak dibukanya kembali tempat-tempat maksiat dan perjudian yang sudah ditutup sejak dirinya dan pasangannya Darwin Sitompul memimpin Tapteng.

“Karena sudah ada yang coba-coba buka dan saya suruh ditutup Satpol PP. Mereka menunggu jabatan saya berakhir. Saya tegaskan, walaupun saya nanti bukan Bupati lagi, tapi saya yang paling depan mendatangi Polres dan Kantor Bupati, bersama umat Islam dan tokoh agama Kristen, Khatolik untuk menutupnya. Nyawapun akan saya korbankan,” tegas Bupati.

Pada acara besar tersebut, Ustad Dr. H. Das’ad Latif S.Sos., S. Ag., M.Si., Ph.D hadir menyampaikan tausyiyah dengan disaksikan puluhan ribu masyarakat yang memadati Lapangan Merdeka Barus.

Cabang-cabang yang diperlombakan pada MTQ dan FSQ tersebut diantaranya, Bidang tilawah dari tingkat tartil, anak-anak, remaja sampai dengan dewasa, baik putra maupun putri.

Kemudian, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Khottil Quran, Hifzil Quran 1 juz, 5 juz dan 10 juz. Serta Festival Seni Qasidah putra dan putri.

Selanjutnya, para pemenang akan menjadi utusan Kabupaten Tapanuli Tengah untuk mengikuti MTQ di tingkat Provinsi Sumut.

Bagi yang tidak sempat hadir di Lapangan Merdeka Barus, dapat menyaksikan jalannya MTQ dan FSQ melalui chanel youtobe dan facebook Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Hadir pada acara tersebut, Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani, Ketua DPRD Tapteng, Khairul Kiyedi Pasaribu, Wakil Ketua DPRD Tapteng Willy Saputra Silitonga, Anggota DPRD Tapteng lainnya.

Kemudian, Ketua DPRD Sibolga Ahmad Syukri Penarik, Kepala Kantor Kemenag Tapteng dan Ketua MUI Tapteng dan perwakilan Pemko Sibolga.

Ketua TP PKK Tapteng Ny. Citra Bakhtiar Sibarani didampingi Wakil Ketua TP PKK Tapteng, Ny. Juli Darwin Sitompul, Sekretaris Daerah Tapteng Yetti Sembiring, Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD, Camat, Lurah, Kepala Desa se-Tapteng, Ibunda Asyiyah Tapteng, Ibunda Muslimat Nahdlatul Ulama Tapteng, Ibunda Muslimat Al- Washliyah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta berbagai Ormas Islam lainnya.

Sebelumnya juga Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi Ketua TP PKK Tapteng, Ny. Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani, Wakil Bupati, Darwin Sitompul didampingi Wakil Ketua TP PKK Tapteng Ny. Juli Darwin Sitompul melepas ribuan peserta Pawai Ta’aruf Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-47 dan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-32 Kabupaten Tapteng Tahun 2022, Minggu (20/2/2022) siang dari depan Masjid Raya Barus menuju Lapangan Merdeka Barus yang menjadi pusat pelaksanaan kegiatan. (red)