MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

Pemkab Tapteng Membuka Sub PIN Polio Putaran II, Bagi Orangtua Anak 0-59 Bulan Segera ke Faskes Terdekat

Foto : Pelaksanaan Sub PIN putaran II di Tapteng telah dibuka.

Kantong Berita, TAPTENG-Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah telah membuka Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio putaran II secara serentak, Senin (15/5/2023).

Menurut Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Tapteng, Hj. Nursyam, SKM, M.Kes, imunisasi ini merupakan lanjutan dari pelaksanaan Sub PIN putaran I, yang tujuannya untuk mencegah anak-anak Tapteng yang berusia 0-59 bulan terkena atau terpapar Virus Polio.

Juga diharapkan, melalui imunisasi ini, dapat memutus mata rantai penularan Virus Polio, yang dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen pada anak.

“Virus Polio tidak dapat diobati, sehingga kita hanya dapat mencegahnya melalui imunisasi. Melalui Sub PIN Polio Putaran II ini, anak usia 0 sampai dengan 59 bulan kami harapkan telah mendapatkan tetes Polio sebanyak minimal dua kali. Sehingga terbentuk kekebalan pada anak dari Virus Polio,” kata Nursyam dalam keterangannya usai melakukan monitor pelaksanaan Sub PIN II,

Untuk itu, Nursyam mengimbau para Orangtua untuk membawa anaknya khususnya yang berusia 0-59 bulan untuk datang ke Fasilitas Kesehatan (Faskes) terdekat.
Karena, Vaksin Polio dapat diperoleh di setiap Puskesmas, Pustu, Posyandu dan PAUD, dan Pos Imunisasi lainnya secara gratis.

“Imunisasi ini gratis, artinya tidak dipungut biaya sama sekali,” ungkapnya.

Pelaksanaan Sub PIN putaran II ini direncakan akan digelar selama seminggu, sejak tanggal 15 Mei 2023. Kemudian, ditambah 5 hari untuk sweeping.

Tak hanya di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah, kegiatan ini juga serentak digelar di seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera Utara.

Adapun sasaran Sub PIN I sebanyak 41.686 anak, dengan total pencapaian yang berhasil di vaksin sebanyak 39.647 anak atau 95,10 %.

Sementara, untuk Sub PIN putaran II ini jumlah sasarannya sama dengan Sub PIN I yakni 41.686 anak. Harapannya, pencapaian kali ini dapat meningkat dari pencapaian Sub PIN Polio Putaran I.

Adapun upaya yang telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah, yakni memonitoring pelaksanaan vaksinasi di 25 Puskesmas yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah dan Pos PIN lainnya.

Kemudian, mencetak media KIE, kerjasama dengan lintas sektor meliputi Camat, Lurah dan Kepala Desa, Tim Penggerak PKK, termasuk melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, serta melaksanakan kunjungan rumah.

“Meneruskan pesan dari Pj Bupati, Bapak Elfin Elyas. Mari kita sukseskan Sub PIN Polio Putaran II ini di Kabupaten Tapanuli Tengah ini. Manfaatnya sangat besar buat anak-anak Tapteng dan imunisasi tersebut gratis,” pungkas Nursyam. (ril/red)