banner 728x250

Study Tour Siswa SD di Alun-alun Kota Pandan, Buktikan Sejarah Pembangunan Kabupaten Tapanuli Tengah Dimasa Kepemimpinan Bakhtiar Ahmad Sibarani

Foto : Pj. Bupati Tapteng Yetty Sembiring memperkenalkan alun-alun Kota Pandan sebagai maha karya Bupati Tapteng periode 2017-2022, Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Kantong Berita, TAPTENG-Dalam rangka menyambut HUT Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah yang ke 77, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tapanuli Tengah menggelar kegiatan Study Tour dan lomba cerita tentang pembangunan Kabupaten Tapanuli Tengah, Senin (22/8/2022).

Kegiatan yang diikuti oleh siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) Se-Kecamatan Pandan tersebut digelar di Alun-alun Kota Pandan.

Adapun tema yang diangkat pada kegiatan tersebut yakni, bangkit lebih cepat, pulih lebih kuat. Bersama membangun daerah mengejar ketertinggalan. Dengan merdeka belajar, kita tingkatkan pembelajaran kreatif mandiri dan menyenangkan.

Foto : Para siswa-siswi menyaksikan pertunjukan air menari di alun-alun Kota Pandan.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Bupati Tapteng Yetty Sembiring hadir menyapa para siswa-siswi berseragam merah putih tersebut.

Untuk menambah wawasan, Yetty memperkenalkan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) selaku pihak yang mengerjakan pembangunan alun-alun Kota Pandan yang saat ini menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat.

Tak hanya itu, mantan Sekdakab Tapteng ini juga menjelaskan kepada ratusan siswa-siswi yang hadir, bahwa alun-alun Kota Pandan merupakan maha karya Bupati Tapteng periode 2017-2022, Bakhtiar Ahmad Sibarani dan wakilnya Darwin Sitompul.

Selain alun-alun Kota Pandan lanjut Yetty, telah banyak capai pembangunan yang dilakukan Bakhtiar, termasuk Lampu hias yang menerangi dari mulai simpang DPRD hingga simpang lampu merah Pandan serta jalan hotmix yang merata hingga pelosok desa.

Dan kehadiran pada siswa-siswi ini sekaligus untuk melihat bukti sejarah sebuah pembangunan yang telah merubah wajah Kabupaten Tapanuli Tengah ditangan seorang pemimpin bernama Bakhtiar Ahmad Sibarani.

“Kita berterima kasih kepada Bapak Bakhtiar Ahmad Sibarani, karena Pandan sebagai ibu kota Tapanuli Tengah, telah memiliki ikon yang sangat indah. Dan kehadiran Alun-alun Pandan dengan air mancur menarinya, telah membawa peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat, karena banyaknya sektor usaha yang terbuka,” kata Yetty disambut tepuk tangan seluruh siswa-siswi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tapanuli Tengah Boy Rahman Hasibuan dalam keterangannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari kurikulum merdeka belajar.

“Dalam Kurikulum Merdeka Belajar para siswa dilatih untuk menjadi siswa yang kreatif, memiliki kemandirian, serta suasana belajar yang menyenangkan. Dan kami melihat hari ini anak-anak cukup senang dan gembira mengikuti kegiatan belajar di luar sekolah ini,” kata Boy Rahman.

Meski cuaca terik, para siswa-siswi tetap semangat mengikuti jalannya kegiatan. Mereka juga disuguhkan dengan tontonan menarik berupa liukan air menari di alun-alun Kota Pandan.

Sementara pada lomba cerita yang digelar, dewan juri memilih 5 pemenang terbaik. Terbaik 1 berhasil diraih oleh Mipta Aulia Rahmi dari SDN 156472 Hajoran II.

Untuk terbaik 2 diraih oleh Adrian Vernando Panggabean dari SDN 156303 Sibuluan II. Terbaik 3 diraih oleh Vika Mutaia Sikumbang dari SD 158507 Sarudik. Terbaik 4 diraih oleh Ganilan Rahelista Simanjuntak dari SD 158498 Aek Tolang. Dan Terbaik 5 diraih oleh Visel Lumban Gaol dari SD 158490 Aek Tolang II.

Hadiah menarik yang telah disiapkan oleh panitia, rencananya akan diserahkan pada puncak acara Hari Jadi Tapteng ke-77 pada hari Rabu 24 Agustus 2022 di GOR Pandan. (red)