Syarfi Resmikan Rumah Promosi IKM; Sediakan Berbagai Oleh-oleh Khas Sibolga

  • Bagikan

Kantong Berita, SIBOLGA-Walikota Sibolga, Drs HM. Syarif Hutauruk meresmikan Rumah Promosi Produk Industri Kecil Menengah (IKM) yang baru selesai dibangun Desember 2019 yang lalu di jalan Marganti Sitompul, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sibolga Utara, Senin (16/11).

Hadir pada peresmian tersebut, Ketua TP. PKK Kota Sibolga yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Sibolga, Dra. Delmeria Sikumbang, Wakil Ketua DPRD Sibolga Jamil Zeb Tumori bersama beberapa anggota DPRD lainnya.

Kemudian, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sibolga dan Bank Sumut Sibolga. Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat dan Lurah se-Kota Sibolga.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Sibolga, Mariani Agung Barus mengatakan, tujuan pembangunan rumah promosi tersebut untuk kemajuan kota Sibolga.

“Pembangunan rumah promosi produk IKM Kota Sibolga telah selesai dilaksanakan pembangunannya pada tahun anggaran 2019. Dana pembangunan rumah promosi ini berasal dari dana alokasi khusus (DAK) tahun anggaran 2019. Adapun tujuan pembangunan rumah promosi ini, untuk memajukan pembangunan kota Sibolga, terkhusus untuk pengembangan promosi produk IKM Kota Sibolga,” kata Agung.

Baca Juga :   Peletakan Batu Pertama Pembangunan RSU DR FL Tobing Sibolga oleh Gubsu; LSM Desak Lanjutkan!

Langkah awal yang akan dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan seluruh perusahaan travel yang ada di Kota Sibolga. Dimana, setiap travel yang akan melakukan perjalanan, agar terlebih dahulu singgah di rumah promosi tersebut.

“Kita akan kerjasama dengan travel. Sebelum berangkat, mereka terlebih dahulu singgah disini, agar penumpang bisa belanja oleh-oleh khas Kota Sibolga,” ungkapnya.

Tak hanya rumah promosi, Pemko Sibolga juga rencananya akan membangun rumah produksi tahun 2021 mendatang.

“Tahun 2021 mendatang akan dibangun rumah produksi yang anggarannya berasal dari DAK 2021 sebesar Rp3.750.356.000,” pungkasnya.

Sementara itu, Dra. Delmeria Sikumbang dalam sambutannya menegaskan bahwa oleh-oleh khas Kota Sibolga bukan hanya ikan asin.

Masih banyak produk IKM Kota Sibolga yang sudah mulai laku dan dikenal dipasaran.

Tak hanya produk makanan dan minuman, IKM Kota Sibolga dibawah naungan Dekranasda Kota Sibolga juga telah memproduksi kerajinan tangan. Diantaranya, ulos, batik dan sepatu.

“Berharap kepada Pemko Sibolga, kalau ada tamu yang mau dikasih oleh-oleh jangan hanya ikan asin. Kita punya produk makanan yang sudah punya label halal. Kemudian, selain dengan travel, bisa juga kerjasama dengan pelaku-pelaku usaha kota Sibolga, seperti Alfamidi, Indomaret dan Aido. Jangan cuma makanan dari luar daerah saja yang dijual, harus ada juga produk kita yang dijual disana. Termasuk juga kerajinan tangan kita, gak kalah dengan produk daerah lain,” kata istri Walikota Sibolga yang juga menjabat sebagai Anggota DPR RI tersebut menjelaskan.

Baca Juga :   Wali Kota Besuk Supir Damkar yang Terbalik di Bukit Pancuran Gerobak

Lanjut disampaikan Walikota Sibolga dalam sambutannya, yang berharap rumah promosi IKM tersebut dapat memotivasi para pelaku usaha dapat lebih berkembang.

“Untuk itu saya harapkan seluruh perangkat daerah untuk melakukan inovasi, kreatifitas, komitmen dan kerjasama untuk mendukung kegiatan pemberdayaan masyarakat. Rumah promosi ini berfungsi untuk memamerkan berbagai produk industri kecil dan menengah. Sehingga akan memotivasi para pelaku IKM untuk berkembang mengikuti perkembangan produk ditengah persaingan yang semakin kompleks. Kepada para pengusaha, kami minta untuk tetap menjaga standart mutu produk yang ditawarkan,” pungkas Syarfi.

Amatan, Walikota Sibolga menandatangani prasasti bangunan dan menggunting pita sebagai pertanda dibukanya rumah promosi IKM tersebut.

Kemudian, Walikota bersama rombongan juga berkeliling melihat berbagai produk yang di promosikan dalam gedung megah tersebut. (ril/jul/kb)

  • Bagikan