banner 728x250

Warga Sebut ‘Truk Monster’ Tidak Layak Operasi, Begini Penjelasan Kasat Lantas

Foto : Kondisi truk monster patah as hingga ban belakang sebelah kiri lepas.

Kantong Berita, SIBOLGA-Beragam tanggapan masyarakat melihat truk overtonase atau truk monster yang terbalik di depan Korem 023/KS. Ada yang menyebut kalau truk ekspedisi tersebut sudah tidak layak operasi.

“Sudah gak layak lagi sebenarnya jalan ini, tapi dipaksakan,” kata seorang pria, pengendara Sepeda Motor yang melintas dari lokasi kejadian.

Senada dengan itu, seorang wanita pengguna jalan lainnya juga mengaku miris dengan truk monster yang setiap hari lalu lalang di jalanan Kota Sibolga. Dia bahkan mempertanyakan ketegasan pihak Kepolisian menindak truk bermuatan lebih tersebut.

Pasalnya kata dia menjelaskan, setiap kali truk monster melintas, para pengguna jalan selalu was-was. Karena, ini bukan kali pertama truk ekspedisi tujuan Kepulauan Nias tersebut terbalik. Hanya saja, hingga kini belum pernah ada korban jiwa.

“Apakah harus menunggu ada korban jiwa dulu, baru ada penertiban,” tukasnya.

Menanggapi komentar warga tersebut, Kasat Lantas Polres Sibolga AKP Suprianto yang dihubungi via selularnya mengaku kalau selama ini pihaknya telah mengimbau para pemilik kendaraan untuk tidak memuat barang melebihi kapasitas.

“Bahwa Himbauan dan Saran sdh diberikan kepada para Pengguna Jasa Angkutan dan para Pemillik Kendaraan tsb, Namun pada kenyataannya para pemakai Jasa angkutan, tidak mengindahkan walaupun telah dilakukan Penindakan dengan Surat Tilang,” tulis Suprianto lewat pesan singkat layanan WhatsApp.

Terhadap insiden tersebut, perwira dengan 3 balok dipundaknya ini mengaku akan segera mengumpulkan keterangan saksi dan supir yang kini masih menjalani perawatan di rumah sakit.

“Sementara sbg barang sdh di langsir, dan krn kita tunggu apakan sbg pengemudi dan pembonceng Honda Scopy msh di Rmh sakit,” ungkapnya.

Dari data yang diperoleh diketahui, Supir truk monster dengan nomor Polisi BB 8007 NE tersebut bernama Tambok Pasihar Hutabarat (58) warga Santeong, Kelurahan Pancuran Gerobak, Kecamatan Sibolga Kota.

Sementara, Sepeda Motor yang tertimpa bernomor Polisi BK 5470 AEG milik Nirwan Afandi Sikumbang.

Adapun kondisi truk, mengalami patah as, hingga roda belakang sebelah kiri lepas. Rencananya, truk tersebut hendak ke Pelabuhan Pelindo atau Pelabuhan Sambas Sibolga.

Sebelumnya, sebuah truk overtonase atau yang biasa disebut dengan truk monster terbalik di jalan R. Suprapto, tepatnya didepan Korem 023/KS, Jumat (26/8/2022) sekira pukul 19.30 WIB.

Menurut salah seorang saksi mata, Truk jenis Cold Diesel BB 9341 NA tersebut melaju dengan pelan dari arah Barus menuju Pelabuhan Penyeberangan. Tiba di depan Korem 023/KS, truk oleng ke kiri dan menimpa sebuah Sepeda Motor yang terparkir tepat didepan sebuah toko sepatu.

Tidak ada korban jiwa pada insiden tersebut. Namun, supir truk yang belum diketahui identitasnya mengalami luka ringan. (red)