MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

Jiarah Kubur Jelang Ramadhan di Ujung Sibolga; Tahun Ini Tidak Se-Ramai Tahun Lalu

Foto : Para pejiarah di pekuburan umum Ujung Sibolga.

Kantong Berita, SIBOLGA – Meskipun Pandemi Covid-19 masih berlangsung, tradisi jiarah kubur menjelang Ramadhan tetap dijalankan. Kegiatan ini telah menjadi bagian dari rutinitas tahunan untuk menghormati anggota keluarga yang telah meninggal.

Di Pekuburan umum Ujung Sibolga, Kelurahan Simaremare, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatera Utara, pada Rabu (22/4), peziarah mulai memadati area pekuburan sejak pagi. Mereka tidak hanya berkunjung untuk jiarah, tetapi juga untuk membersihkan makam yang sudah lama tidak terawat.

“Kami datang untuk jiarah dan sekaligus membersihkan kuburan orangtua,” ujar salah seorang peziarah yang didampingi oleh beberapa anggota keluarga lainnya.

Namun, menurut penduduk sekitar, jumlah peziarah kali ini jauh lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini dianggap sebagai dampak dari pandemi virus Corona atau Covid-19.

“Tahun ini, jumlah peziarah sedikit sekali dibandingkan tahun lalu,” kata Samsia, seorang warga sekitar pekuburan.

Dia menyebutkan bahwa tahun ini tidak ada kunjungan dari luar kota untuk jiarah. Selain karena situasi ekonomi yang sulit, larangan mudik dari Pemerintah juga membuat orang enggan untuk pulang kampung.

“Orang-orang tidak bisa pulang karena Corona. Biasanya, jalan ini sudah ramai, tetapi sekarang tidak. Tahun lalu, situasinya sangat berbeda. Bahkan, orang dari Pandan (Tapteng) pun datang untuk jiarah,” tambahnya.

Kurangnya jumlah peziarah juga terlihat dari kondisi pekuburan yang masih banyak makam yang belum terurus.

“Tahun lalu, semuanya sudah bersih. Tetapi sekarang, banyak makam yang belum dirawat karena tidak ada keluarga yang datang dari luar kota,” tegasnya.