MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

Pabrik Es Kristal Sudah Pasang Tandon

Foto : Tandon milik Pabrik Es Kristal CV. Usaha Rita 229 telah terpasang.

Kantong Berita, SIBOLGA-Pabrik Es Kristal CV. Usaha Rita 229 telah mengambil langkah dengan memasang Tandon atau wadah penyimpanan air, setelah berdiskusi dengan warga sekitar dan PDAM Tirta Nauli Sibolga.

Dengan adanya Tandon, perusahaan tersebut tidak lagi mengambil air langsung dari pipa distribusi milik PDAM. Sebaliknya, air akan disalurkan ke dalam Tandon terlebih dahulu. Air yang akan digunakan kemudian diambil dari Tandon tersebut.

“Pada akhirnya, kita akan melihat apakah dengan langkah ini, keluhan masyarakat terkait ketersediaan air dapat diatasi dengan lebih baik,” ujar Meifendy Chandra, pemilik pabrik, ketika ditemui sedang memeriksa Tandon yang baru dipasang di gedung perusahaannya pada Rabu (20/5).

Meifendy menjelaskan bahwa usahanya telah berdiri sejak tahun 2009, awalnya sebagai usaha air minum kemasan. Pada tahun 2011, jumlah meteran air masih sekitar 3. Namun, hingga 2015, meskipun usahanya berkembang dan penggunaan air meningkat menjadi 26.000 liter per hari, jumlah meteran air tetap tidak bertambah.

Pada Desember 2019, Meifendy memulai usaha pembuatan Es Kristal tanpa menambah jumlah meteran air. Dia menekankan bahwa produksi Es Kristalnya masih terbatas, meskipun kapasitas mesin produksinya jauh lebih besar.

Sebelumnya, warga Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga, Sumatera Utara telah menyuarakan protes terhadap pabrik Es Kristal tersebut, menyalahkan pabrik atas masalah ketersediaan air PDAM di lingkungan mereka. Akhirnya, PDAM meminta agar pabrik tersebut memasang Tandon, yang kemudian disetujui oleh pihak pengusaha, menyelesaikan persoalan antara warga dan pengusaha.