MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300
Hukum  

Pembobol Toko di Sibolga Ditangkap Saat Tidur di Rumah Warga

Foto : RT usai menjalani pemeriksaan di Polres Sibolga.

Kantong Berita, SIBOLGA– Satu pelaku pencurian berhasil diamankan oleh polisi setelah melakukan tindak kejahatan di toko yang dimiliki oleh Buyung (66) di jalan Pasar Swadaya Sibolga, Kelurahan Pancuran Gerobak, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatera Utara, pada hari Minggu (31/5) sekitar pukul 9.00 WIB.

Pelaku yang berusia 35 tahun dan memiliki inisial RT, yang beralamat di jalan Dangol Lumban Tobing, Kelurahan Aek Tolang, Kabupaten Tapanuli Tengah, berhasil ditangkap saat sedang tidur di rumah warga di Aek Tolang.

Menurut keterangan dari Buyung kepada polisi, kejadian tersebut terjadi pada Sabtu (16/5) sekitar pukul 5.00 WIB. Buyung curiga ketika melihat beberapa barang seperti masker, obeng, dan kaus kaki di atas meja tokonya. Setelah melakukan pemeriksaan, dia menemukan bahwa uang sebesar Rp80.000.000 yang disimpan di laci meja sudah hilang, dan berbagai macam rokok dagangannya juga raib.

Kepala Kepolisian Sibolga, AKBP Triyadi, menjelaskan bahwa kerugian yang dialami oleh Buyung diperkirakan mencapai sekitar Rp85 juta.

Setelah dilakukan pemeriksaan, diketahui bahwa RT tidak melakukan aksi tersebut sendirian. Dia berkomplot dengan seorang temannya dan merencanakan tindakan pencurian secara rinci.

Pada bulan Mei, RT bertemu dengan temannya yang telah diidentifikasi, dan keduanya merencanakan untuk melakukan pencurian di sebuah grosir. Temannya menjelaskan bahwa pemilik toko akan pergi dan meninggalkan toko saat tengah malam.

Pada Sabtu (16/5) sekitar pukul 1.00 WIB, cuaca sedang hujan, RT dan temannya memutuskan bahwa itu adalah waktu yang tepat untuk melakukan aksi pencurian. Mereka bersiap dengan membawa peralatan seperti obeng, linggis, sepasang kaus kaki, dan masker.

RT memanjat samping toko dan membuka atapnya, kemudian memasuki tokonya melalui atap tersebut. Dia membuka laci meja dan mengambil uang serta rokok yang ada di dalamnya. Setelah itu, mereka pergi ke warung milik RT untuk membagi uang hasil pencurian.

RT juga mengakui kepada polisi bahwa dia sempat menyimpan sebagian uang tersebut di bank. Uang dari penjualan rokok curian habis digunakan untuk berfoya-foya dan bermain judi online.

Diketahui dari catatan kepolisian bahwa RT sebelumnya telah dihukum pada tahun 2008 dan 2016 karena kasus pencurian. Sekarang, setelah menjalani pemeriksaan, RT ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di RTP Polres Sibolga.

Atas perbuatannya, RT dijerat dengan pasal 363 ayat (2) Subsider pasal 362 KUHPidana, yang mengancamnya dengan hukuman penjara selama 7 tahun.