1 Lagi Warga Taput Positif Covid-19; Saat Ini Diisolasi di RSUD Tarutung

Foto : Sekdakab Taput Indra Simaremare menyampaikan rilis pertambahan warga yang positif Covid-19.

Kantong Berita, TAPUT – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara, mengumumkan bahwa satu lagi penduduk Taput dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

Individu tersebut adalah seorang tenaga medis di salah satu puskesmas di Taput.

Status positifnya ditegakkan setelah hasil Rapid Test yang dilakukan dua kali menunjukkan hasil positif Covid-19.

Wanita berusia 45 tahun tersebut, dengan inisial R, yang tinggal di Kecamatan Sipoholon, telah diisolasi oleh Pemkab Taput di RSUD Tarutung dan saat ini dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Sesuai dengan informasi yang saya terima, pasien tersebut telah diisolasi di RSUD Tarutung sebelum akhirnya dirujuk ke rumah sakit di Medan untuk pemantauan lebih lanjut,” kata Sekdakab Taput, Indra Simaremare, saat memberikan konfirmasi kepada wartawan pada Rabu (15/4).

Ada kemungkinan besar bahwa pasien R telah berkontak dengan pasien positif Covid-19 sebelumnya, karena pasien sebelumnya pernah berobat di puskesmas tempat R bekerja.

“Pasien sebelumnya telah berobat di Puskesmas Kecamatan Sipoholon pada tanggal 8 April 2020,” jelasnya.

Keluarga pasien R saat ini sedang dalam proses penelusuran kontak.

Bupati Taput Drs. Nikson Nababan juga menghimbau agar mereka yang pernah berkontak langsung dengan kedua pasien yang terinfeksi Covid-19 untuk melakukan isolasi mandiri terlebih dahulu.

“Selama menjalani isolasi mandiri, penting untuk mengonsumsi makanan bergizi, minum vitamin, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan,” tambahnya.

Bupati menegaskan bahwa hasil dari Rapid Test kedua pasien tersebut akan diperiksa kembali setelah 4 hari.

“Saya telah meminta Direktur RSUD Tarutung untuk melakukan pemeriksaan ulang terhadap pasien R. Jika hasil Rapid Test masih positif, maka akan segera dirujuk ke Medan,” tegasnya.