MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

Bupati Tapteng Siapkan 24 Ruang Isolasi; Warga Pendatang Akan Diisolasi 14 Hari

Foto : Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani saat meninjau kesiapan ruang isolasi.

Kantong Berita, TAPTENG – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara, akhirnya menyiapkan ruang isolasi sementara sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Gedung yang telah disiapkan untuk fungsi ini adalah Mess yang dimiliki oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) yang terletak di Kecamatan Pinangsori.

Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani menyatakan dalam pernyataannya bahwa ruang isolasi tersebut akan diperuntukkan bagi pendatang dari luar daerah yang memasuki wilayah Tapteng.

“Ruangan ini disiapkan untuk pendatang dari luar Tapteng yang memasuki wilayah Tapanuli Tengah,” ungkap Bupati yang didampingi oleh Wakil Bupati Darwin Sitompul, Kapolres Tapteng, dan Dandim ketika melakukan peninjauan langsung terhadap kesiapan BPSDM dalam menyediakan fasilitas dan prasarana untuk ruang isolasi sementara tersebut.

Menurut Bupati yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPRD Tapteng, koordinasi telah dilakukan dengan berbagai pihak guna mengantisipasi penyebaran virus yang membahayakan ini.

“Melalui Dinas Kesehatan, kami telah menyiapkan semua fasilitas yang dibutuhkan di tempat ini,” jelasnya.

Bupati juga mengajak masyarakat untuk tidak panik menghadapi isu penyebaran virus Corona, tetapi tetap waspada dan menjalankan pola hidup sehat.

“Hingga saat ini, belum ada tanda-tanda penyebaran virus Corona, dan kami berharap situasi ini tidak terjadi. Namun, kita tetap waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan jika ada potensi penyebaran,” tambah Bakhtiar.

Terkait ruang isolasi, Bupati menegaskan bahwa pendatang yang memasuki Tapteng akan diisolasi selama 14 hari.

“Kami menyadari bahwa beberapa penduduk Tapteng mungkin akan pulang dari luar daerah menjelang bulan puasa. Sebelum mereka bertemu dengan keluarga, kami akan menempatkan mereka di tempat isolasi sementara ini selama 14 hari,” tegasnya.

Mess BPSDM telah menyiapkan 24 ruangan untuk fungsi ini, dengan setiap ruangan ditempati oleh 2 orang.

Terdapat pemisahan antara ruangan untuk wanita dan pria, serta semua kebutuhan akan disediakan.