MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

1 Warga Sibolga Positif Covid-19 Hasil TCM RSU Tarutung

Kantong Berita, SIBOLGA-Seorang warga Sibolga yang disebut sebagai NS (67) telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

Edipolo Sitanggang, Sekretaris Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Sibolga, mengungkapkan hal tersebut berdasarkan hasil Tes Cepat Molekuler (TCM) di Rumah Sakit Umum (RSU) Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

Awalnya, pasien tersebut berobat di RSU FL Tobing Sibolga karena mengalami gejala jantung, hipertensi, dan sesak napas pada hari Selasa (23/6).

Setelah dilakukan rapid tes dua kali dan hasilnya reaktif, pasien kemudian dirujuk ke RSU Tarutung pada hari Rabu (24/6) pukul 15.30 WIB. Di sana, tes TCM dilakukan dan hasilnya menunjukkan positif Covid-19,” kata Edipolo dalam keterangan pers Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sibolga yang disampaikan di Aula Nusantara Kantor Wali Kota Sibolga pada hari Kamis (25/6).

Edipolo menjelaskan bahwa pasien tersebut tidak melakukan perjalanan ke luar daerah. Namun, pada 19 Juni 2020, pasien menghadiri pernikahan anak di Pargodungan, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), di mana ada keluarga dari Rantau Parapat, Kabupaten Labuhan Batu. Dari sana, diduga pasien terpapar virus tersebut,” tambahnya.

Setelah ditemukan kasus positif Covid-19, Gugus Tugas segera melakukan tracing di RSU FL Tobing Sibolga untuk menemukan tenaga kesehatan yang telah berkontak dengan pasien. Selain itu, mereka juga melakukan tracing di lingkungan tempat tinggal pasien dan mengisolasi keluarga inti pasien di Wisma Atlet Parombunan serta melakukan rapid test.

“Selanjutnya, kami melakukan penyemprotan disinfektan di rumah pasien dan melakukan rapid test kepada kontak pasien di lingkungan tempat tinggalnya dengan berkoordinasi dengan Camat, Lurah, Kepala Lingkungan (Keplng), Bhabinkamtibmas, dan Babinsa untuk melakukan monitoring dan pengawasan di lingkungan tempat tinggal pasien,” jelasnya.

Firmansyah Hulu, Koordinator Gugus Tugas Covid-19 Kota Sibolga, membenarkan hal tersebut. Namun, dia menambahkan bahwa dari tracing yang dilakukan, tidak ada tenaga medis RSU FL Tobing Sibolga yang terinfeksi virus tersebut karena tidak ada yang berkontak langsung dengan pasien.

Sementara itu, dari tracing terhadap keluarga inti pasien, ditemukan 13 orang yang kemudian diisolasi di Wisma Atlet Sibolga di Aek Parombunan.

Dengan penemuan satu kasus positif Covid-19 di Sibolga, total pasien positif di daerah itu menjadi satu. Sebelumnya, satu pasien positif dari RSU FL Tobing Sibolga berasal dari Tapteng.

Firman, yang juga Koordinator di Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19, menegaskan bahwa dengan penemuan satu pasien positif Covid-19 di Sibolga, mereka akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapteng untuk melakukan tracing, karena pasien positif Covid-19 di Sibolga diduga terinfeksi saat menghadiri acara di wilayah Tapteng.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan pihak pemerintah di Rantau Parapat terkait dugaan warga mereka,” tambahnya.