Begini Penjelasan Direktur RSU FL. Tobing Terkait Foto Bangunan Rumah Sakit Ditumbuhi Tanaman Liar

  • Bagikan
Foto : Direktur RSU FL. Tobing Sibolga, dr. Hotma Hutagalung.

Kantong Berita, SIBOLGA-Direktur Rumah Sakit Umum FL. Tobing Sibolga, dr. Hotma Hutagalung menanggapi terkait viralnya foto bangunan rumah sakit yang ditumbuhi tanaman liar.

Menurut Hotma dalam keterangan tertulisnya, pihaknya sebelumnya telah berkoordinasi dengan Dinas LHKP Sibolga untuk pembersihan tumbuhan tersebut.

Namun, karena ada kabel bertegangan tinggi yang nyantol di tumbuhan tersebut, sehingga pembersihan urung dilakukan.

“Kita sudah pernah menghubungi LHKP, sudah dilihat namun masalahnya ada kabel bertegangan tinggi pas melewati tumbuhan tersebut,” kata Hotma.

Selain karena adanya kabel bertegangan tinggi, pertimbangan lain sehingga pihaknya menunda membersihkan tumbuhan tersebut, karena adanya perkiraan, bila tumbuhan tersebut dicabut akan menyebabkan kerusakan pada bangunan.

Baca Juga :   Kota Medan dan Sibolga Masuk Dalam Situasi Covid-19 Level 4; Begini Reaksi Gubernur Edy

“Kebetulan itu ruangan yg ditutupinya adalah ruangan isolasi, kami khawatir bila ditarik akan menyebabkan retaknya dinding sehingga bisa mengganggu pelayanan covid. Itu kenapa agak terkendala kemarin,” ungkapnya.

Meski demikian, sebagai pimpinan rumah sakit plat merah tersebut, dia mengaku saat ini telah berkoordinasi dengan pihak PLN untuk mengamankan kabel listrik yang nyantol di tumbuhan tersebut. Agar tumbuhan tersebut dapat dibersihkan.

“Namun kebetulan saat ini pasien covid sedang tidak ada, dan pihak PLN pun sudah kita hubungi, tinggal menunggu jadwal. Mudah²an segera selesai,” tulis Hotma menjawab wartawan.

Sebelumnya, sebuah akun Facebook mengunggah foto sebuah bangunan yang telah ditumbuhi tanaman liar.

Foto tersebut tampak seperti bangunan terbengkalai, yang tidak terurus.

Baca Juga :   Viral Foto Diduga Dinding Rumah Sakit Plat Merah Ditumbuhi Tanaman Liar

Pemilik akun Switto Marz Tanjoeng mengunggah foto tersebut, Rabu (22/9). Dalam postingannya, pemilik akun menyebut bangunan tersebut merupakan Rumah Sakit Umum Ferdinand Lumban Tobing Sibolga, yang hingga kini masih beroperasi.

Tak hanya itu, dalam unggahannya, pemilik akun mempertanyakan usia tanaman yang tumbuh di dinding lantai 3 rumah sakit plat merah tersebut.

Wow.. Keren kan !
Ada tanaman yang tumbuh tidak pada tempatnya.
Aku baru sadar, Ada tanaman yang tumbuh di dinding bangunan bagian belakang RSUD Sibolga, yang terlihat bagus dan sangat hijau.

“Terurus atau tidak terurus”?
” Sudah berapa lama usia tanaman itu”?. (red)

 

  • Bagikan