MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

Di Taput, Wartawan Kebagian Bantuan Terdampak Covid-19; Voucer Tidak Bisa Diganti dengan Uang

Foto : Bupati Taput, Nikson Nababan menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Lurah.

Kantong Berita, TAPUT – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Sumatera Utara kembali mengalokasikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah dan terdampak Covid-19.

Dalam kesempatan kali ini, salah satu kelompok yang menjadi prioritas dalam penyaluran bantuan adalah wartawan, yang langsung menerima bantuan dari Bupati Taput Drs. Nikson Nababan M.Si di Balai Data Kantor Bupati pada hari Senin (13/4).

Data penerima bantuan diperoleh oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bekerja sama dengan Polres Taput, Dinas Sosial Taput, dan Kodim 0210/TU.

Menurut Kapolres Taput AKBP Horas Marasi Silaen, total ada 2.622 penerima bantuan, termasuk di antaranya masyarakat dan tokoh agama.

“Pembagian ini bertujuan untuk kepentingan kemanusiaan, dimana 2.622 penerima bantuan ini mencakup masyarakat umum, tokoh agama, serta wartawan, dengan pembagian secara merata dari 11 Kelurahan,” ungkap Kapolres.

Proses penyaluran bantuan dilakukan dengan membagikan Voucher BLT melalui kantor-kantor Kelurahan. Kemudian, Voucher tersebut akan ditukarkan dengan kupon di toko-toko yang telah ditunjuk sebagai mitra.

“Pemilik toko harus mengerti proses penukaran kupon yang sudah dikemas di warung mereka dan disiapkan sesuai dengan tujuannya,” tambah Kapolres.

Sementara itu, Nikson Nababan menekankan bahwa penyaluran bantuan ini merupakan bagian dari tanggung jawab kemanusiaan. Oleh karena itu, pihak Kelurahan harus transparan dan pemilik toko harus jujur kepada masyarakat.

“Kita tidak boleh ada penyalahgunaan. Voucher BLT tidak dapat diuangkan. Penyaluran Voucher BLT harus ditujukan secara tepat kepada yang terdampak oleh virus Corona Covid-19,” tegas Nikson.

Ditambahkan oleh Kepala Dinas Sosial Taput, Irwan Hutabarat, bahwa penyaluran Voucher BLT kepada yang terdampak Covid-19 dilakukan berdasarkan data dari masing-masing Kelurahan.

“Proses ini masih melalui verifikasi dari Polres Taput dan Kodim 0210/TU,” ungkap Irwan.

Pada acara tersebut, Bupati Taput Nikson Nababan didampingi oleh Sekretaris Daerah Taput, Indra Simaremare, Kapolres Taput AKBP Horas Marasi Silaen, Ketua DPRD Taput Poltak Pakpahan, Dandim 0210/TU Letkol Czi Roni Agus Widodo, dan Kepala Kejaksaan Negeri Taput Tatang Darmi SH menyerahkan Voucher BLT secara simbolis kepada 11 Kelurahan di seluruh Tapanuli Utara.