MARI KITA SAMBUT HARI YANG FITRI INI DENGAN PENUH KEGEMBIRAAN DAN RASA SYUKUR - SEGENAP KRU KANTONGBERITA.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H/2024 banner 325x300

banner 325x300

DPRD Bukan Penampung Donasi, Melainkan Penampung Aspirasi; Pembagian Bantuan oleh DPRD Sibolga Disorot

Kantong Berita, SIBOLGA – Respons terhadap pembagian bantuan oleh DPRD Kota Sibolga yang didanai oleh Pengusaha dan Organisasi Masyarakat, menjadi sorotan dari pemerhati pembangunan Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Dengan tegas, mereka menegaskan agar Anggota Legislatif Kota Sibolga tidak menggunakan Gedung DPRD sebagai tempat penyaluran bantuan dari pengusaha.

Parulian Sihotang, Ketua DPD LSM Kupas Tumpas Sibolga-Tapteng, yang didukung oleh Domenius Hasibuan, Ketua LSM SEKOCI, dan Janner Silitonga, Ketua LSM Metro Watch, menyatakan hal tersebut pada Selasa (21/4).

Mereka menekankan bahwa DPRD seharusnya menjalankan tugasnya yang terfokus pada legislasi, pengawasan, dan penganggaran, bukan sebagai tempat distribusi bantuan dari pengusaha.

Namun, mereka juga menyebut bahwa jika bantuan berasal dari dana pribadi Anggota DPRD atau dari anggaran APBD yang ditujukan untuk bantuan, maka penyaluran di kantor DPRD adalah wajar.

Domenius menambahkan bahwa DPRD bukanlah tempat untuk donasi, melainkan sebagai wadah untuk merepresentasikan aspirasi rakyat.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada pengusaha dan pihak lain yang peduli terhadap dampak pandemi Covid-19 di Kota Sibolga, tetapi menyarankan agar bantuan disalurkan melalui Posko Covid19 atau Dinas Sosial, bukan melalui gedung DPRD.

Namun, mereka juga menyoroti apakah pembagian bantuan oleh DPRD Kota Sibolga telah sesuai dengan data kependudukan Kota Sibolga.

Janner menegaskan pentingnya DPRD Kota Sibolga menjalankan tugasnya secara benar dan sesuai dengan perundang-undangan, karena tindakan yang kurang tepat dari pihak berwenang bisa menjadi contoh buruk bagi masyarakat.