Solar Asal Medan Masih Marak Masuk PPN Sibolga

  • Bagikan
Foto : Truk tangki 'transportir' asal Medan saat bongkar di dermaga PPN Sibolga.

Kantong Berita, TAPTENG-Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar asal Medan hingga kini masih marak beredar di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Salah satu lokasi yang sering ditemukan truk tangki bertuliskan ‘Transportir’ berwarna biru membongkar muatan adalah dermaga Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sibolga yang terletak di Kelurahan Pondok Batu, Kecamatan Sarudik, Tapteng.

Baru-baru ini sebuah Truk BBM BK 9687 CN milik PT Aditsyah Sejahtera parkir dan membongkar muatan di dermaga PPN Sibolga, tepatnya Sabtu (26/6).

Truk bermuatan Solar 18 ton tersebut mengisi BBM u Kapal Motor (KM) Karya Sibolga.

Kepala PPN Sibolga, Makkasau membantah bila ada pernyataan yang menyebut pihaknya menjadi bagian dari permainan yang diduga melanggar hukum tersebut.

Dia mengaku kalau pihaknya hanya sebatas pelayanan.

“Hal itu tdk benar pak, Bahwa syahbadar di PPN sesuai SOP Pelayanan, kami hanya sebatas pelayanan dalam Pengawasan Pengisian BBM sesuai amanah dalam UU RI No. 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja. dan jumlah solar yg dibongkar kemarin itu hanya 18 ton pak. Terima kasih,” tulis Makkasau lewat pesan singkat layanan WhatsApp.

Baca Juga :   'Laga Kambing' di Pinangsori, Pengemudi Suzuki FU meninggal Dunia

Meski Sibolga punya Depot atau Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM), para pengusaha Kapal Perikanan di Sibolga-Tapteng lebih memilih belanja bahan bakar dari Medan.

Menurut informasi yang diperoleh dari salah seorang pengusaha, BBM asal Medan harganya jauh lebih murah dari pada BBM yang dikeluarkan oleh TBBM Sibolga.

Namun, belum ada penjelasan yang diperoleh dari pihak Pertamina terkait perbedaan harga tersebut. Beberapa pejabat Pertamina Sibolga yang dicoba dikonfirmasi untuk memperoleh penjelasan malah saling lempar tanggung jawab.

Kepala TBBM Sibolga atau yang sering disebut Office Head (OH), Wisnu yang dikonfirmasi via telepon selular nya lagi-lagi menolak memberi keterangan tentang perbedaan harga tersebut.

Baca Juga :   Peduli Dampak Covid-19, Polres Tapteng Bagikan Sembako Kepada Wartawan

Dia berdalih tidak punya wewenang untuk memberi keterangan terkait penyaluran BBM. Diapun mengarahkan wartawan ke kantor Sales Area Retail Sibolga yang terletak di jalan Sibolga-Padang Sidempuan, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah.

“Terkait harga dan alokasi bisa dikomunikasikan ke mereka bg, lebih relevan dengan jabatannya,” tulis Wisnu dalam pesan singkat pada layanan Whatsapp menjawab Wartawan.

Anehnya, saat dicoba menghubungi Dambha Herviyanto, Kepala Kantor Sales Area Retail Sibolga, Wartawan malah diarahkan kembali untuk menghubungi seseorang bernama Hilmi.

Begitu juga dengan Hilmi yang dihubungi via telepon selularnya, tidak menjawab pertanyaan Wartawan.

Sebelumnya, 96 ton Solar asal Medan juga pernah bongkar di dermaga PPN Sibolga pada Oktober 2020 lalu. Saat itu pihak PPN berdalih kalau BBM Kapal tersebut punya dokumen sah, sehingga diperbolehkan bongkar di dermaga PPN. (red)

  • Bagikan